situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Jumat, 14 September 2018

Mengenal Layanan Podcast On Demands Dan Kelebihannya

Mengenal Layanan Podcast on Demands Dan Kelebihannya Mengenal Layanan Podcast on Demands Dan Kelebihannya


Podcast awalnya berasal dari pengembangan teknologi Pod (iPod) dan Broadcasting. Suara adalah salah satu media yang sangat potensial dalam memberikan informasi. Radio termasuk salah satu media untuk kepentingan tersebut. Secara konvensional bila kita mempunyai radio, maka setiap kita dikala kita sanggup mendengarkan setiap isu yang disampaikan oleh para penyiarnya. Sekarang ini sudah ada layanan podcast on demands yang menyerupai radio.

Nah ketika konsep radio ini dibawa kedalam dunia digital, ternyata menemui hambatan dalam hal mendapat materi-materi yang disiarkan. Tentunya ada hambatan teknis yang bekerjasama dengan sinyal internet dan bandwidth yang hal itu sanggup mengakibatkan radio digital agak sulit dinikmati. 

Untuk mengatasi permasalahan itu, maka konsep Podcast pun dikembangkan. Dalam Podcast, kita sanggup mengambil file podcast kapan saja dan mendengarkannya dimana saja. Podcast ialah sebuah Radio dengan konsep anytime anywhere yang cukup menarik.

Definisi Dari Podcast

Definisi Dari Podcast sendiri ialah sebuah file suara/ audio yang sanggup didownload dari internet untuk didengarkan menyerupai layaknya sebuah agenda radio. Hanya saja ada satu unsur yang membedakan podcast dari sekedar proses mengupload sebuah file audio (biasanya format MP3) ke internet untuk kemudian sanggup didownload, yakni teknologi sindikasi yang lebih dikenal dengan istilah RSS (Really Simple Syndication).

Dengan meng-copy paste instruksi RSS ke RSS Reader menyerupai iTunes, iPodder atau bahkan yang online yang lain menyerupai Google Reader, maka kita sanggup berlangganan file audio tersebut. Tiap ada episode baru, maka otomatis RSS Reader akan menginformasikan bahkan otomatis mendownloadnya.

Dengan demikian, Podcast dalam pengertian yang lain bahwasanya ialah sebuah audio blog. Sebenarnya Podcast tidak hanya terbatas pada bunyi saja, melainkan video juga bisa, namun yang lebih popular pada umumnya ialah suara.

Definisi Dari Podcasting

Mengenal Layanan Podcast on Demands Dan Kelebihannya Mengenal Layanan Podcast on Demands Dan Kelebihannya

Selanjutnya yang dimaksud dengan podcasting merupakan suatu aktivitas pendistribusian agenda audio dan video via internet yang memperlihatkan keleluasaan kepada subcriber yang tercatat untuk menentukan file yang dikehendaki (atau dikenal dengan feed), yang akan didistribusikan secara broadcast sebagai agenda on demand. 

Bagaimana mendengarkan Podcast?
 Karena Podcast ialah blog suara, maka secara sederhana anda sanggup mendengarkan postingan terbaru bahan podcast dengan hanya menggunakan aplikasi pemutar MP3.  Perbedaan utamanya dengan file MP3 lainnya ialah file-file Podcast didapat dengan prosedur RSS/XML sehingga anda tidak harus selalu berkunjung ke situs ini, namun cukup berlangganan. Selain itu, anda akan mendapat rekaman terbaru setiap kali rekaman terbaru tersebut online.

Kategori Podcast

  1. Arts
  2. Bussiness
  3. Comedy
  4. Education
  5. Games and Hobbies
  6. Governments and Organizations
  7. Health
  8. Kids and Family
  9. Music
  10. News and Politics
  11. Religion and Spirituality
  12. Science and Medicine
  13. Society and Culture
  14. Sport and Recreation
  15. Technology
  16. TV and Films


Kelebihan Layanan Podcast on Demands


1. Banyak Pilihan Podcast Yang Bisa Anda Dengar
Tersedia ratusan kategori dan puluhan bahkan ratusan ribu podcast yang sanggup Anda pilih sesuai dengan minat dan hobi Anda. Jika dibandingkan dengan radio, ada berapa banyak stasiun radio di kota Anda? Ada radio untuk orang bisnis, radio untuk perempuan dan sebagainya, tapi tidak terlalu banyak, kan?

2. Tidak Ada Iklan Berlebihan Seperti Radio
Rasanya tiap 10 menit ada iklan atau selingan lagu yang menciptakan perasaan tidak nyaman.

3. Bisa Mendengarkan Podcast Sesuai Dengan Waktu Yang Anda Miliki.
Jadi misalkan Anda hendak melaksanakan jogging jam 5 pagi, Anda sanggup mendengarkan podcast yang bermanfaat atau yang Anda sukai.

4. Otomatis Menerima Episode Baru Di Smartphone
Yang sudah di download dan siap didengarkan dari podcast yang Anda langganan. Kaprikornus tidak perlu repot-repot lagi harus download di komputer, kemudian pindahkan filenya ke smartphone.

5. Podcast Yang Sudah Didengar, Bisa Otomatis Dihapus
Sehingga tidak menghabiskan ruang memori di smartphone Anda. Itu ialah salah satu kelebihan utama dari podcast. Kaprikornus itu sebabnya banyak orang beralih dari radio. Karena kita dipaksa mendengar apa yang tidak kita sukai.


Tahapan Mendengarkan dan Menikmati Layanan Podcast on Demands

1. Memiliki Smartphone atau Tablet (Apple IOS/ Android/ Windows Phone/ Blackberry)
Kalau belum punya smartphone, maka belilah terlebih dahulu. Smartphone kini sudah murah, terutama yang berjenis Android. Ada banyak manfaat yang sanggup didapatkan dari sebuah smartphone yang bagus, jangan cuma digunakan untuk main game atau facebook-an ya. Pada umumnya Anda akan lebih sering mendengarkan podcast melalui smartphone lantaran gadget inilah yang biasanya selalu Anda bawa kemana pun.

Apapun smartphone yang Anda pakai sanggup digunakan untuk mendengarkan podcast, asalkan jenisnya smartphone. Anda sanggup pakai iPhone, iPod Touch, Android Phone, Windows Phone dan Blackberry ataupun Tablet untuk mendengarkan layanan podcast.

2. Pilih dan Download Aplikasi untuk Mendengarkan Podcast
Anda memerlukan aplikasi/ app di smartphone Anda untuk berlangganan, mendownload dan mendengarkan layanan podcast. Ada aneka macam aplikasi untuk mendengarkan podcast terutama di Apple IOS dan platform Android. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Saya bahas yang gratis juga lantaran biasanya orang Indonesia menyukai hal gratis.

Aplikasi berbayar biasanya mempunyai kelebihan fitur-fitur penting yang kadang tidak terdapat di aplikasi gratis. Selain itu lantaran developernya sanggup income, pengembangan aplikasinya biasanya selalu ada, kalau ada bug pun cepat diperbaiki.

Apple IOS iPhone/iPad

Untuk aplikasi yang gratis, ada dua yang sanggup direkomen yaitu:
  1. Anda sanggup mencoba untuk menggunakan aplikasi bawaan dari Apple yaitu Podcast. Lumayan aplikasi standard dari pihak Apple ini. Kalau di iPad Anda tidak tersedia aplikasi ini, silakan download di App Store (yang seharusnya juga gratis).
  2. Selain itu Overcast juga termasuk aplikasi podcast gratis yang terpopuler di iTunes App Store. Ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Memang ada opsi atau pilihan untuk berbayarnya juga untuk mensupport developernya.
Sedangkan untuk aplikasi berbayar, bahwasanya juga ada banyak tapi dua ini yang paling populer:
  1. Downcast ($3)
  2. Pocket Casts ($4)

Android OS

Nah kalau Anda menggunakan Android device (smartphone/tablet), untuk aplikasi Gratis, Anda sanggup menggunakan:
  1. Podcast Republic (bayar untuk menghilangkan iklan di app).
  2. Podcast & Radio Addict (bayar untuk menghilangkan iklan di app).
Atau kalau Anda menginginkan yang berbayar, yang terkenal dan fitur lengkap ialah :
  1. BeyondPod (7 hari free trial, sehabis itu bayar).
  2. Pocket Casts

3. Carilah Layanan Podcast on Demands yang Ingin Anda Dengarkan
Setelah menginstall aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda sanggup mencari podcast yang ingin Anda dengarkan melalui 2 cara di bawah ini:

Search nama podcast yang Anda ingin cari.
Jadi contohnya search TedTalk atau sanggup juga search kategori (misal: social media).

Cara lainnya ialah dengan Browse Directory Podcastyang biasanya tersedia di dalam aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar