situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Selasa, 05 Agustus 2014

Program Penting Untuk Mengecek Komponen Pada Komputer

Program Penting Untuk Mengecek Komponen Pada Komputer - Adalah alat yang biasa digunakan untuk mengecek keadaan komponen komputer apakah sudah berjalan dengan baik atau ada masalah. Tools ini sangat berkhasiat sekali untuk mengurangi bencana error pada komputer. Tools ini biasanya sudah tertanam pada bawaan windows, kita hanya perlu menggunakannya dan sering melaksanakan pengecekan. Berikut yakni Program Penting Untuk Mengecek Komponen Pada Komputer.

1. BIOS
Bios merupakan firmware yang menyediakan tool pada motherboard. Cara masuk ke dalam bios tergantung brand bios yang digunakan. Untuk jenis BIOS AMI AWARD dengan menekan tombol delete ketika start komputer, sedangkan untuk bios lain ada yang menekan tombol F2 atau F1 tergantung optional di bios tersebut. Bios sanggup digunakan untuk mendeteksi harddisk yang terpasang dan sanggup juga digunakan untuk mengetahui kondisi suhu dari CPU dan motherboard. Selain mendeteksi suhu sanggup juga digunakan untuk mendeteksi kecepatan putaran fan CPU dan FAN sistem motherboard.



2. Device Manager
Device Manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen PC secara menyeluruh yaitu kondisi bahwa komponen sudah sanggup dideteksi oleh sisitem atau kondisi komponen tidak mengalami trouble pada drivernya. Device Manager juga sanggup digunakan untuk menghidupkan dan mematikan komponen untuk keperluan tertentu. Dari Device Manager inilah sanggup dilakukan update driver.



3.  Disk Defragmenter
Disk Defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini digunakan untuk merawat harddisk dari file yang terfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space harddisk dan akan memperlambat sistem.



4. DirectX
Directx digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen yang berafiliasi dengan multimedia, ibarat VGA card, sound card, dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi diatas directX juga dilengkapi dengan tool yang bisa digunakan untuk mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak. UntukVGA card dilengkapi dengan test directdraw dan test direct3D untuk sound dan musik dilengkapi dengan test direct musik dan test sound.



Gambar diatas menawarkan citra kondisi sistem mulai dari sistem operasi yang digunakan, clock CPU, jenis chipset dan sistem manufacture, BIOS, memory dan penggunaan page file

5. Scandisk
Scanddisk digunakan untuk melaksanakan perawatan harddisk dan sistem, meliputi: file allocation table, struktur file, ada tidaknya bad sector dalam harddisk. Tool ini akan otomatis dijalankan ketika start ketika terjadi unclean shutdown akhir gagal listrik atau salah menekan tombol power. Tool scandisk sanggup dipanggil dari Start - Program - Accesoriess - System tool - Scandisk.



6. Free RAM XP Pro 1.40
Free RAM XP Pro 1.40 merupakan freeware, tool ini digunakan untuk memonitor penggunaan dari resource dari RAM, CPU, virtual memory penggunaan memory secara menyeluruh dalam sistem dan usang uptime sebuah komputer.



7. Windows XP tidak punya utility scandisk
Untuk menyelidiki suatu drive di XP, caranya klik kanan di explorer, pilih properties, tab tools dan klik Check Now pada error checking. Anda akan diberitahukan hak pribadi ke beberapa file windows dalam disk. Jika Windows menanyakan apakah anda ingin melaksanakan investigasi ketika restart berikut, klik yes, lalu OK.

8. Sistem Monitor
Program kecil yang luar biasa ini membantu melacak banyak jenis parameter kinerja. Kita sanggup melihat grafik real-time yang menampilkan available RAM, virtual memori, CPU usage, dan statistic lainnya. Sistem monitor terutama anggun untuk melacak sumber problem memori dan mengidentifikasi aktivitas mana yang paling menciptakan trouble pada sistem yang dipakai. Pada windows XP bisa menemukan system monitor dengan menentukan Start - Control Panel - Administrasi Tools - Performance - Sistem Monitor.

9. System Information
Utiliti ini merupakan jembatan ke beberapa tool troubleshoting paling berpengaruh di windows. Pada Windows 9x, akan mendapati Sistem file Checker, Registry Checker dan Sistem Configuration Utility pada sajian Tools pada sistem information. Pada XP, tooll di system information mancakup Network Diagnostics dan Sistem Restore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar