situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 01 September 2018

Macam-Macam Expansion Card Komputer, Lengkap!

 merupakan suatu wadah yang berada di motherboard Macam-Macam Expansion Card Komputer, Lengkap!

Expansion card merupakan suatu wadah yang berada di motherboard, yang fungsinya sebagai daerah atau wadah dimana sebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisa dipasang dengan cara ditancapkan.

Circuit board mempunyai banyak fungsi untuk meng - upgrade sebuah komputer, contohnya menambah memori, menciptakan kualitas bunyi atau gambar lebih bagus, modem, atau menyambungkan network.

Circuit board ini mempunyai beberapa sebutan, sesuai dengan kemampuannya: expansion board, adapter card, interface card, add-in, add-on, expansion card atau yang paling sering disebut card saja, sebab memang bentuknya lebih menyerupai selembar kartu.

 merupakan suatu wadah yang berada di motherboard Macam-Macam Expansion Card Komputer, Lengkap!

Ilustrasi Expansion Card 

Expansion slot kemudian dihubungkan kepada expansion bus, yang akan membantu komputer berkomunikasi dengan card-card itu dan juga dengan peripheral yang dihubungkan pada card tersebut, jikalau ada.

Berikut Beberapa Expansion Card :

ISA (Industry Standard Architecture)
Bus yang paling umum sekaligus paling lambat kecepatan pengiriman datanya. Mouse, modem card, sound card dan network card berkecepatan rendah biasanya memakai bus ini.

VESA Local Bus
Local bus ialah expansion bus yang dirancang untuk koneksi berkecepatan tinggi, contohnya hard disk. Selain itu biasa dipakai untuk VGA card.

PCI (Peripheral Component Interconnect)
Merupakan pengganti VESA local bus. Kecepatannya empat kali ISA. Card yang biasa dipasang ialah VGA, SCSI, dan network kecepatan tinggi. Saat ini biasanya mainboard menyediakan bus PCI dan ISA bersamaan.

AGP (Accelerated Graphics Port)
Dirancang oleh Intel untuk meningkatkan kecepatan pengiriman gambar dan video 3-D (tiga dimensi), umumnya pada game-game beresolusi tinggi. Processor-processor keluaran terbaru menyerupai Pentium II, III, 4 dan Xeon mendukung teknologi AGP ini.

USB (Universal Serial Bus)
Dimaksudkan untuk menghindari keharusan memasang card pada slot. Berbagai peripheral (scanner, kamera, dll) sanggup dihubungkan satu sama lain dan kemudian dihubungkan ke komputer hanya dengan satu kabel melalui port USB. Kemudian USB ini akan dihubungkan dengan PCI di mainboard.

1394
Sama fungsinya dengan USB. Anda tidak perlu takut kehabisan expansion slot dengan bus 1394 ini.

PC Card
Dipasang pada slot PC Card, data akan masuk dari bus PC Card ke bus PCI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar