situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 15 September 2018

11 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Terkenal Di Indonesia

 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer Di Indonesia 11 Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer Di Indonesia

Bahasa pemrograman komputer, atau sering dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, yaitu aba-aba standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari hukum sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan jadwal yang ada pada komputer.

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa aba-aba atau perintah-perintah yang terdiri dari banyak baris yang sanggup dimengerti oleh sistem komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh developer biar sanggup membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk menciptakan aplikasi tertentu, maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibentuk nantinya.

Jumlah bahasa pemrograman yang ada sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada ketika ini, developer tidak memakai seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya memakai 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melaksanakan proses developing software.

Bahasa Pemrograman Komputer Paling Populer di Indonesia


1. JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang sanggup dijalankan di banyak sekali platform, dari mulai PC hingga perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem dan lalu dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih lantaran salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang pribadi digiling dari mesin giling dimana kopi ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler lantaran bahasa pemrograman ini mempunyai beberapa kelebihan ibarat sanggup berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih gampang dalam menyusun jadwal memakai bahasa ini. 

Selain itu, bahasa ini juga mempunyai library yang sangat lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan ketika ini merupakan abad dimana smartphone Android sangat banyak digunakan, dimana aplikasi dalam smartphone Android dibangun memakai bahasa Java. Sehingga banyak juga programer-programer yang memakai bahasa ini lantaran memang sedang banyak diperlukan ketika ini.

2. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) yaitu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain lantaran gratis, PHP banyak digunakan lantaran merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu, banyak website-website ternama ibarat Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang memakai PHP dalam proses pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh seseorang berjulukan Rasmus Lerdrorf.

3. C#

C# yaitu bahasa pemrograman yang juga dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari bahasa C dan C++. C# ini banyak digunakan dan dtemui untuk menyebarkan software yang memakai platform Windows.

4. Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python yaitu salah satu bahasa pemrograman yang sanggup membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun mobile. Bahasa phyton termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup gampang bagi pemula, lantaran gampang untuk dibaca dengan syntax yang gampang untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya misalnya ibarat Instagram, Pinterest dan Rdio. Python digunakan pula oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Di Indonesia telah terdapat grup Facebook yang membahas ihwal Python yang telah mempunyai lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, grup ini berjulukan Python Indonesia yang sanggup ditemui di Facebook.

5. HTML

HTML yaitu kepanjangan dari Hypertext Markup Language dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam menciptakan halaman web.

Hypertext mengacu pada cara di mana text biasa sanggup berfungsi lain, kita sanggup membuatnya menjadi link yang sanggup berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan mengklik text tersebut. Nah disitulah kenapa sanggup dinamakan Hypertext.


Disebut Markup Language, lantaran HTML memakai tag Mark untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalkan text berada di tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jikalau berada di antara tanda lainnya akan tampak besar.

Contoh Penggunaannya :
<p>Saya ingin minum <mark>susu</mark> hari ini.</p>


6. Visual Basic

Visual Basic yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini memperlihatkan inspirasi visual dalam pembuatan software. Bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk menciptakan software-software berbasis sistem dalam operasi Windows. Visual Basic sendiri yaitu bahasa keturunan dari bahasa pemrograman basic.

Sebuah survey pada tahun 2005 menandakan hasil bahwa 62% developer software memakai Visual Basic dalam pengembangan softwarenya, sehingga hal tersebut mengakibatkan Visual Basic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Di Indonesia terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah mempunyai 22 ribu member bahkan lebih.


7. C

Bahasa C termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C yaitu seseorang berjulukan Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang terkenal di Indonesia lantaran sebagian besar sekolah tinggi tinggi jurusan IT maupun forum kursus pemrograman menggunakannya untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. 

Bukan tanpa sebab, bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Karena bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

8. C++

C++ yaitu bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C mempunyai sintaks penulisan yang hampir sama. Meski begitu, kedua bahasa pemrograman ini mempunyai perbedaan dalam hal penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C, penyelesaian persoalan dilakukan dengan membagi-bagi ke dalam sub-sub persoalan yang lebih kecil atau sanggup disebut bahasa pemrograman prosedural. Sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi ke dalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh seseorang berjulukan Bjarne Stroustrup.

C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang terkenal lantaran banyak perusahaan-perusahaan software besar yang memakai bahasa ini untuk membangun softwarenya. Contohnya Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang kini pengembangannya dihentikan.

9. JavaScript

JavaScript yaitu bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript ketika ini kebanyakan terdapat pada pengembangan website. Dengan JavaScript ini kita sanggup menciptakan web yang lebih interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas ihwal JavaScript ini. Anda sanggup mencarinya dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif hingga sekarang.

10. Objective-C

Objective-C yaitu bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk melaksanakan pengembangan pada aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple. Bahkan sistem operasi iOS juga dikembangkan memakai bahasa pemrograman Objective-C ini.

11. ActionScript

ActionScript merupakan bahasa pemrograman yang dibentuk menurut pada ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak memakai platform Adobe Flash Player. ActionScript juga digunakan pada beberapa aplikasi yang memakai basis data, misalnya yaitu Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, namun kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang telah membeli Macromedia pada tahun 2005.

Action Script keluaran terbaru ketika ini yaitu Action Script 3.0. Action Script 3.0 yaitu bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya telah dikenal dengan nama Action Script 2.0. Action Script 3.0 mempunyai beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan yaitu file pada Action Script 3.0 sanggup dibentuk terpisah ketika sedang runtime.

Di Indonesia, ActionScript menjadi terkenal lantaran banyaknya developer berbasis Flash yang tentu saja memakai ActionScript untuk keperluan proses koding. Di Facebook juga terdapat grup ACTIONSCRIPT Indonesia yang masih aktif hingga kini dan bahkan grup ini mempunyai 1000 lebih anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar