situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Rabu, 09 Januari 2019

Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain

Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain

Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain - WhatsApp yaitu salah satu instant messenger yang pertumbuhannya paling cepat dibandingkan yang lain, bahkan bahwasanya termasuk yang tertinggi dibandingin media umum yang lain.

Karena jumlah penggunanya pun meningkat hingga menembus angka 1,5 miliar per Februari 2018 berdasarkan Mark Zuckerberg, kau harus berhati-hati dengan duduk perkara keamanan yang bakal menghantui.

Tentu pihak WhatsApp sudah menyediakan beberapa fitur kemanan secara default, menyerupai enkripsi end-to-end, yaitu dikala pesan yang dikirim akan dienkripsi dan hanya dapat dibaca oleh si penerima. Tapi selain itu, kau juga perlu mengetahui cara mencegah akun WhatsApp dibajak.

Walaupun kau udah berhati-hati untuk tidak membagikan nomor hape atau email sembarangan, tapi kau juga perlu untuk mengantisipasinya biar kau nggak perlu khawatir lagi.


Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak


1. Selalu Cek Enkripsi kalau sedang Membahas Hal-Hal Sensitif, Penting Atau Rahasia.

Walaupun WhatsApp sudah memakai enkripsi end-to-end secara default, tapi ada kalanya kau harus selalu melaksanakan pengecekan ulang. Ini yaitu kebiasaan yang baik kalo kau mau mengembangkan gosip yang sensitif dan penting menyerupai nomor kartu kredit.

Untuk mengecek enkripsi ini, mulai percakapan menyerupai biasa dengan seseorang. Di chat window, tap nama temanmu, kemudian pilih "Encryption".

2. Nyalakan Notifikasi Keamanan
Ketika ada laptop atau hape gres yang mengakses suatu chat, isyarat keamanan gres akan tercipta antara dua hape. Nah, WhatsApp dapat mengirim notifikasi kalo isyarat keamanan itu berubah.

Untuk mengaktifkan notifikasi ini, pergi ke WhatsApp > Setting > Account > Security > Show Security Notifications, kemudian nyalakan fiturnya.

3. Nyalakan Two-Step Verification
Kalo hapemu sudah support, sebaiknya kau memakai two factor authentication (2FA). Ini akan menciptakan WhatsApp ngirim password secara periodik ke kamu, dan kau memastikan data kau nggak diakses oleh orang lain.

Untuk memakai 2FA, masuk ke Menu > Setting > Account > Two-Step Verification > Enable. Ikuti langkah ini untuk menghasilkan 6 digit isyarat yang sebaiknya praktis kau ingat. Jangan lupa tambahkan email kamu, jaga-jaga kalo kau lupa. 

Pengecekan secara periodik ini siatnya acak, jadi beda dengan password untuk nge-lock chat kamu. Tapi bahwasanya tujuan dari 2FA yaitu untuk menghentikan seseorang mengakses akun WA kau tanpa sepengetahuan kamu.

4. Kamu Tidak Bisa Melindungi Aplikasi WhatsApp Dengan Kata Sandi. Karena itu Manfaatkan 2FA dan Smartphone Lock Dengan Maksimal.

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan kata sandi. Bahkan pihak WhatsApp sendiri sudah merekomendasikan untuk memakai pengunci Third-Party untuk Wa.

Di iPhone, kau tidak dapat melindungi WA kamu, sebab apple memang tidak mengizinkannya, baiknya dengan passcode atau Touch ID. Karena itu, manfaatkan pin 2FA dan smartphone lock biar tidak ada yang iseng membuka akun WA kamu.

5. Matikan Cloud Backup (Kalo Kamu Memang Lebih Peduli Dengan Keamanan)

Enkripsi end-to-end memang cukup aman, tapi ada sedikit celah, yaitu pada fitur back up chat WA ke Google Drive atau iCloud. Jadi, dikala kau install ulang WA, kau dapat mendapat chat usang kamu, tapi backup-nya tidak terenkripsi.

Untuk mematikan backup Cloud secara otomatis, lakukan beberapa cara berikut :

  • Untuk iPhone : Masuk ke WhatsApp > Setting > Chats > Chat Backup > Auto Backup > Off.
  • Untuk Android : Masuk ke WhatsApp > Menu > Setting > Chats > Chat Backup > Backup to Google Drive > Never.

6. Hati-Hati Dengan Penipuan Berupa Kiriman Pesan Yang Memancingmu Untuk Mengklik Link Yang Ada

Namanya juga instant messenger, berarti kau juga bakal mendapat scam di WhatsApp. Karena itu, kau dihentikan hingga tertipu biar tidak terkena.

Salah satu penipuan yang paling sering yaitu soal cara mendapat WhatsApp versi premium atau akun WA yang akan expired. Intinya, kau diminta untuk membayar sejumlah uang biar dapat tetap menggunakannya, padahal WhatsApp sudah dikonfirmasi akan gratis selamanya.

7. Lindungi Pprivasi Kamu di WhatsApp

WhatsApp bukan instant messenger yang paling dapat menjaga privasi, tapi setidaknya kau dapat mengaturnya, masuk ke Setting > Account > Privacy untuk melaksanakan pengaturan.

Kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat "Last Seen", foto profil, "About", status, dan lokasi kau secara live. Kamu juga dapat mematikan Read Receipts, jadi tanda centang biru juga tidak akan terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar