situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 08 Desember 2018

6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

Untuk kau yang sudah terbiasa dengan windows, mungkin kau akan gundah cara screenshot di Linux Mint tanpa software. Untuk melaksanakan screenshot atau pengambilan gambar pada Linux, kita membutuhkan tombol "Prt Sc Sys Rq" pada keyboard. Cara ini juga biasa kita temui di Windows dengan perintah yang sedikit berbeda dengan Linux.

Untuk kau yang sudah terbiasa dengan windows 6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

Tombol "Prt Sc Sys Rq" biasanya berada di antara tombol "F12", "Pause" atau "Delete/Insert" tergantung jenis keyboard yang kau gunakan.

Pada Linux maupun Windows, file yang kita screenshot akan otomatis masuk kedalam folder yang berjulukan "Pictures". Setelah screenshot, kau sanggup mencari dan menemukan hasil pengambilan gambar kau di folder Pictures.

Untuk kau yang sudah terbiasa dengan windows 6 Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software


Cara Screenshot Di Linux Mint Tanpa Software

1. Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot satu layar penuh dan kesannya akan otomatis tersimpan di folder Pictures.

2. Alt + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot pada window atau jendela yang aktif, dan kesannya akan berada di folder Pictures

3. Shift + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengambil screenshot menurut area, saat kau menekan tombol Shift + Prt Sc secara bersamaan, lalu kau menggerakkan kursor untuk memilih area yang akan di capture

4. Ctrl + Prt Sc = Perintah ini berfungsi untuk mengcopy clipboard satu layar penuh ke dalam clipboard. Setelah itu kau sanggup mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

5. Ctrl + Alt + Prt Sc = Mengcopy Screenshot window atau jendela yang aktif ke Clipboard. Kamu sanggup mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

6. Ctrl + Shift + Prt Sc = Mengambil screenshot menurut area ke dalam clipboard, jadi kau menekan tombol Shift + Prt Sc secara bersamaan lalu kau menggerakkan kursor untuk memilih area yang akan di capture. Kamu sanggup mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya.

Clipboard sendiri sanggup dibilang suatu media penyimpanan sementara, beberapa file saat kita operasikan dan ingin kita tampilkan terkadang harus masuk terlebih dahulu kedalam "Clipboard" dan mengeluarkannya dengan cara CTRL + V (Paste).

Dalam perkara ini saat kita menekan tombol CTRL + C (Copy), file atau teks yang kita copy akan masuk kedalam Clipboard dan untuk mengeluarkannya kita membutuhkan CTRL + V (Paste).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar