situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Rabu, 05 September 2018

Internet Sebagai Jaringan Yang Digunakan Dalam Pendidikan

Internet Sebagai Jaringan Yang Dipakai Dalam Pendidikan Internet Sebagai Jaringan Yang Dipakai Dalam Pendidikan

Di kurun globalisasi ini penggunaan internet memang sangat krusial dalam segala bidang. Internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang memiliki banyak manfaat bagi ilmu pengetahuan. Internet sebagai jaringan yang digunakan dalam pendidikan sanggup menunjang kemajuan generasi milenial.

Aplikasi Internet Dalam Pendidikan

Beberapa penggunaan internet sebagai jaringan yang digunakan dalam pendidikan yaitu:

1. E-mail

E-mail merupakan bentuk surat menyurat dengan jaringan internet. E-mail sanggup menjadi salah satu bentuk aplikasi dari internet yang memungkinkan adanya komunikasi dua arah secara tertulis bagi pengirim dan akseptor pesan. 

Komunikasi dua arah ini sangat penting terutama bagi pelajar sebagai generasi milenial. Adanya e-mail sanggup menjadi sarana bagi kaum milenial untuk membahas isu-isu yang terjadi. Biasanya e-mail digunakan oleh para pelajar atau penggagas dalam pendidikan untuk membahas mengenai suatu projek dengan rekannya.

Selain itu, e-mail juga sanggup digunakan sebagai salah satu sarana komunikasi dengan teman yang berada di mancanegara untuk membahas latar belakang negaranya masing-masing sekaligus menjadi sarana mencar ilmu dalam mengaplikasikan bahasa asing. Bukan hanya untuk pelajar saja, penggunaan e-mail dalam dunia pendidikan sanggup dimanfaatkan oleh para pengajar untuk mengoreksi hasil kiprah siswanya

2. E-library

E-library merupakan sarana dalam menyediakan buku-buku sebagai materi referensi secara online. E-library ini sanggup juga disebut sebagai perpustakaan online.

E-library menawarkan akomodasi bagi peserta didik dalam mengakses buku referensi di manapun dan dalam situasi apapun. Peserta didik tidak perlu tiba ke perpustakaan sekolah untuk mencari suatu buku referensi.

Melalui e-library ini peserta didik juga dimudahkan dalam mencari buku yang ingin dibaca hanya dengan mengetikkan judul buku atau nama pengarang dari buku.

3. E-learning

E-learning merupakan bentuk pembelajaran secara online yang didukung oleh adanya video, audio, telepon, dan transmisi satelit atau komputer.

E-learning menawarkan banyak manfaat bagi peserta didik dalam menggali informasi sebagai materi pembelajaran. Selain itu, e-learning juga sanggup digunakan untuk pembelajaran dengan jarak jauh.

4. Tele Conference

Tele conference merupakan salah satu bentuk dari e-learning yang berbentuk komunikasi dua arah dengan memakai video dan audio. Tele conference sanggup menjadi sarana dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Tele conference sanggup digunakan jikalau anda melanjutkan studi di luar negeri. Terkadang pengajar tidak mewajibkan anak didiknya untuk hadir dalam kelas tetapi pembelajaran sanggup diikuti secara online. Tele conference juga sanggup digunakan sebagai opsi bagi pembicara dalam suatu seminar jikalau dalam keadaan tertentu tidak sanggup hadir.

5. Laman web

Laman web merupakan situs andalan bagi setiap peserta didik dalam mencari informasi. Selain itu, laman web juga terbilang cukup mudah. Segala yang peserta didik butuhkan sanggup ditemukan dalam laman web.

Berita-berita dan issue-issue terkini juga sanggup diakses secara gampang dengan laman web. Laman web sanggup menjadi sarana andalan bagi peserta didik untuk mencari informasi terkait dengan kebutuhan belajarnya.

6. Newsgroups

Newsgroups merupakan salah satu bentuk teknologi internet yang sanggup digunakan sebagai lembaga diskusi online. Newsgroups sanggup beranggotakan dari beberapa orang. 

Anggota kelompok diskusi sanggup menyatakan pendapat atau gagasannya dan kemudian akan ditanggapi oleh anggota kelompok yang lain. Newsgroups sangat cocok digunakan sebagai sarana dalam membahas atau memperdebatkan suatu persoalan tertentu.

Setiap anggota kelompok diskusi sanggup menyatakan pendapatnya sehingga sanggup menjadi media dalam membuatkan referensi pikir masing-masing anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar