situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Kamis, 02 Agustus 2018

Perintah Dasar Memakai Mouse Yang Wajib Dipelajari

Mouse merupakan perangkat keras yang berkhasiat sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor. Mouse sendiri dikategorikan sebagai perangkat input atau masukan yang kiprahnya sangat penting untuk komputer. Jika komputer tanpa memakai mouse, maka komputer itu sudah dipastikan sudah dapat digunakan. Karena mouse merupakan perangkat inti pada sebuah komputer yang dipakai untuk memperlihatkan perintah menyerupai menunjuk, memilih, membuka maupun memindah obyek.

yang berkhasiat sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor Perintah Dasar Menggunakan Mouse Yang Wajib Dipelajari

Dalam penggunaan Mouse, ada beberapa perintah untuk mengoperasikan mouse, berikut yaitu perintahnya :

1. Point
Perintah point pada mouse berfungsi untuk mengarahkan pointer mouse pada suatu obyek dengan cara menggeser mouse pada obyek yang dikehendaki.

2. Single Click (Klik Satu Kali)
Single Click yaitu perintah untuk menekan tombol mouse sebanyak 1 kali klik. Hal ini biasanya dipakai untuk menentukan suatu opsi atau melaksanakan navigasi dalam komputer.

Seperti menentukan opsi "Yes" or "No", mengakses menu, membuka folder atau file yang sudah terbuka, menempatkan posisi kursor dan lain sebagainya.

3. Double Click (Double Klik)
Double Click atau biasa disebut dengan klik dua kali yaitu menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali klik. Biasanya Double Click berfungsi untuk membuka atau menjalankan aplikasi tertentu atau dapat juga dipakai untuk memblok suatu teks.

4. Right Click (Klik Kanan)
Right Click atau klik kanan ini yaitu menekan tombol kanan pada mouse sebanyak satu kali. Hal ini dipakai untuk menentukan beberapa opsi menyerupai melaksanakan copy, rename, cut pada suatu kegiatan atau aplikasi.

Pada Microsoft Word kalau ditekan klik kanan akan muncul sajian copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.

5. Drag atau Click and Drag
Drag yaitu menekan tombol kiri pada mouse dan menahanya lalu digeserkan pada posisi tertentu. Drag ini biasanya dipakai untuk memindahkan objek, melaksanakan blok teks, menentukan beberapa objek sekaligus dan mengatur tata letak sebuah gambar atau aplikasi.

6. Scroll
Scroll pada mouse berbentuk menyerupai roda kecil yang berfungsi untuk menggulung (keatas atau kebawah) halaman pada layar monitor.

Nah itu beliau perintah dasar untuk memakai mouse yang wajib dipelajari, dari klarifikasi yang sudah disampaikan dibutuhkan dapat dimengerti dengan baik dan dipahami. Karena bagaimanapun bentuk suatu ilmu, kita harus dapat mempelajarinya sekalipun hal-hal yang sederhana. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar