situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Senin, 30 Juli 2018

Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Pada komputer, kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer. Salah satunya ialah Mouse sebagai pelopor kursor. Tapi taukah kamu, ada banyak jenis-jenis mouse yang sudah berkembang ketika ini. Ya, seiring perkembangan komputer dan perangkatnya, jenis-jenis mouse gres selalu bermunculan dengan banyak sekali bentuk yang unik.

Mouse merupakan perangkat keras utama yang diharapkan pada komputer sebagai sensor untuk menggerakan sebuah kursor. Fungsi mouse ialah untuk memasukan sebuah perintah kedalam komputer. Kursor sendiri berbentuk tanda panah yang berkhasiat sebagai penunjuk pada monitor untuk diberikan perintah. Jenis-jenis mouse yang ada pada komputer sangatlah beragam,  tergantung dari cara kerja, port dan bentuknya.


 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Pada umumnya, semua mouse sama saja. Tapi dari segi fungsi dan pemakaian pengguna komputer tentunya kenyamanan ketika memakai mouse berbeda-beda tergantung selera.

Untuk yang belum mengetahui jenis-jenis mouse, mari kita mencar ilmu dan pahami bersama wacana mouse :

Jenis Mouse Berdasarkan Portnya :
Untuk ketika ini, mouse yang paling umum digunakan hanya mempunyai 2 jenis port saja yaitu Mouse dengan port USB dan mouse dengan Port PS/2. Ada juga jenis Mouse yang kurang dikenal oleh sebagian pengguna komputer, yaitu Mouse dengan port Serial.

1. Jenis Mouse Dengan Port USB

 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse dengan port usb ialah sebuah mouse dengan penghubungnya berbentuk kotak dengan satu lubang tertutup dan satu lubang lagi terbuka.


Mouse USB yang paling umum kita temukan. Dari kebanyakan pengguna komputer, mereka lebih menentukan memakai mouse dengan port USB. Karena akomodasi yang diberikan oleh port USB ini yang menciptakan para pengguna komputer merasa lebih simple, nyaman dan cepat.

Bentuk port yang kotak menciptakan kita sebagai pengguna tidak perlu kerepotan ketika menghubungkannya dengan komputer.


2. Jenis Mouse Dengan Port PS/2



 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse dengan port PS/2 ialah sebuah mouse dengan penghubung atau portnya berbentuk bundar dan di dalamnya terdapat beberapa pin sebagai media penghubung untuk menghubungkan ke komputer.


Mouse ini terbilang cukup lawas, mouse dengan port PS/2 hadir pada jaman komputer pentium 4 dimana ketika itu komputer pentium 4 ialah komputer yang sudah cukup mewah. Saya sendiri pengguna komputer pentium 4 dan pengguna mouse dengan port PS/2. Karena ketika pembelian komputer pada ketika itu sudah satu paket dengan mouse jenis port PS/2.

Dengan adanya Mouse jenis USB, mouse ini semakin ditinggalkan penggunanya. Karena portnya sanggup dibilang terlalu ribet ketika dihubungkan ke komputer, berbentuk bundar dengan beberapa pin di dalamnya.


Kekurangan mouse ini adalah, kalau pin yang terdapat pada port PS/2 ini patah atau bengkok, maka komputer tidak akan mendeteksi mouse ini.


3. Jenis Mouse Dengan Port Serial



 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse dengan port serial ialah sebuah mouse dengan penghubungnya berbentuk persegi panjang dan terdapat pin untuk menghubungkan kedalam komputer. Mouse serial ini penghubungnya  hampir ibarat dengan kabel VGA. 

Tidak jauh berbeda dengan Mouse port PS/2, Mouse dengan port Serial ini banyak ditemukan pada masa komputer generasi pentium. Dari portnya, sekilas ibarat kabel vga dan aku sendiri belum pernah melihat pribadi bentuk dari mouse ini meskipun aku pengguna komputer generasi pentium.

Jenis Mouse Berdasarkan Cara Kerjan Dan Bentuknya


Selain menurut portnya, jenis-jenis mouse pada komputer sanggup kita ketahui menurut cara kerjanya juga. Berikut ialah jenis mouse menurut cara kerjanya :

1. Mouse Wired (Mouse Dengan Kabel Dengan Sensor Optic)




Mouse Wired atau Mouse Kabel ialah sebuah mouse yang disertai dengan kabel dan juga portnya, fungsi kabel dan portnya sendiri untuk menghubungkan Mouse dengan komputer. Jika kabel rusak atau putus maka mouse tidak sanggup digunakan.


Berdasarkan cara kerjanya, Mouse kabel merupakan mouse yang paling banyak digunakan oleh sebagian pengguna. Di dukung dengan port USB, sensor laser dan aneka ragam bentuk mouse menciptakan mouse kabel paling dicari. Apalagi kalau Mouse kabel ini mempunyai desain yang menarik.

Mouse kabel ini juga biasa digunakan tergantung kebutuhan pengguna komputer, alasannya ialah mouse ini memakai kabel yang sanggup dibilang agak ribet, jadi gak semua pengguna komputer suka dengan mouse ini.


2. Mouse Wireless (Mouse Tanpa Kabel)

 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse Wireless merupakan sebuah mouse tanpa kabel 
yang terhubung melalui pemancar sinyal berupa port usb.

Mouse Wireless merupakan mouse yang simple dan fleksibel, Mouse ini hadir untuk berbagi Mouse yang sudah ada. Mouse ini memakai gelombang radio yang memancarkan frekuensi untuk dihubungkan ke komputer melalui alat pemancar kecil yang berbentuk port usb mini. Mouse ini sangat nyaman digunakan dan sanggup dibawa berpergian tanpa ribet terganggu oleh kabel mouse yang kepanjangan.

Kekurangan dari Mouse Wireless ini mungkin hanya dari segi daya saja, kalau pada Mouse kabel hanya menghubungkannya saja tetapi Mouse wireless ini membutuhkan sebuah batre. Jadi, ketika berpergian dan ingin memakai mouse wireless ini kita harus menyediakan batre cadangan.


3. Mouse Dengan Sensor Bola



 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse dengan sensor bola ialah sebuah mouse lawas yang memakai sensor bola sebagai alat untuk mendeteksi pergerakan dari pengguna komputer.


Mouse sensor bola ini sudah ada semenjak komputer generasi pentium, dimana keberadaan Mouse ini sangat terkenal pada ketika itu. Ciri khas dari mouse ini ialah adanya bola kecil dibawah Mouse sebagai sensornya. Tetapi, kalau bola pada Mouse tersebut kotor atau kendor maka mouse akan mengalami kerusakan atau tidak sanggup bekerjanya kursor secara optimal.

4. Mouse Trackball



 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse Trackball ialah mouse yang memakai media sensor berbentuk bola untuk menggerakan kursor pada layar monitor.

Pada mouse yang ada sebelumnya, memakai media sensor sebagai alat untuk menggerakan kursor pada layar monitor. Tetapi, pada jenis Mouse Trackball ini justru kita menggerakan kursor memakai sensor bola yang berada diatas Mouse ini.

Dari penampilannya sih bagus, cuma kalo gak biasa kita pakai niscaya akan sangat kesulitan banget.


5. Mouse Wireless Berbentuk Pulpen



 kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Mouse Wireless Pulpen ialah mouse wireless tanpa kabel yang berbentuk ibarat pulpen, mouse ini sanggup digunakan untuk menggambar dan juga menggerakan kursor pada monitor.


Mouse Wireless berbentuk pulpen ini merupakan bentuk perkembangan dari mouse yang sudah ada. Adanya pulpen ini menciptakan kita sebagai pengguna tentunya sangat kagum dengan penemuan perubahan bentuk mouse yang minimalis dan simple. Dengan bentuk yang ibarat pulpen tentunya memperlihatkan gaya penggunaan yang lebih berbeda dari penggunaan mouse biasa pada umumnya.

6. Mouse Wireless Berbentuk Sensor Jari




Mouse Wireless Jari ialah mouse yang berbentuk minimalis dengan sensor untuk menggerakan kursor memakai jari tangan.


Perusahaan pembuat Mouse tampaknya menginginkan sesuatu yang berbeda dengan menghadirkannya Mouse wireless berjenis sensor sentuhan tangan, meskipun tetap saja membutuhkan pemancar sinyal ibarat port usb mini. Mouse ini merupakan bentuk dari trobosan gres yang unik, simple dan minimalis sehingga pengguna akan mencicipi sensasi memakai mouse dengan segala kemudahan.

Nah, mungkin hanya itu saja artikel yang sanggup aku sampaikan mengenai Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk yang ingin memperdalam ilmu komputernya atau untuk sekedar hanya penasaran saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar