situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 23 Desember 2017

Perbedaan Copy Dan Cut Pada Komputer

Perbedaan Perintah Copy Dan Cut Pada Komputer - Ketika kita memakai komputer, niscaya kita akan menemukan data yang sangat banyak dan penempatannya tidak beraturan. Untuk itu, dikenalkanlah sebuah perintah yang berjulukan "Copy" dan "Cut"

Mengenal yang namanya perintah "Copy" dan "Cut", bergotong-royong mempunyai fungsi yang sama saja. Meskipun mempunyai fungsi yang sama, tetapi perintah "Cut" dan "Copy" sangatlah berbeda. Untuk itu, mari kita sama-sama berguru dan memahami perbedaannya. 



Perbedaan Antara Perintah "Copy" dan "Cut" :

COPY
Copy yaitu perintah pada komputer untuk menduplikat/menggandakan sebuah file atau teks yang dipilih dan lalu menempatkannya pada posisi atau lokasi lain tanpa menghilangkan file atau teks sebelumnya yang sudah ada. 

CUT
Cut yaitu perintah pada komputer untuk memotong sebuah file atau teks yang dipilih dan lalu memindahkannya pada posisi atau lokasi lain. Tetapi, file sebelumnya yang sudah kita potong akan menghilang dan berpindah pada daerah yang baru

Agar lebih paham lagi, mari kita bedah kembali perbedaan antara "Copy" dan "Cut" berdasarkan fungsi dan kegunaannya.

Fungsi Dan Kegunaan Perintah "Copy" dan "Cut" :

Copy = Menduplikat atau Menyalin atau Menggandakan atau Memindahkan file dan teks tanpa menghapus file dan teks yang sudah dipilih. File dapat berupa lagu, video, teks dan lainnya.

Cut = Memotong/Memindahkan file atau teks yang sudah dipilih tanpa menciptakan salinannya. File dapat berupa lagu, video, teks dan lainnya.


Contoh Penggunaannya :

1. COPY
Saya mempunyai sebuah file dengan nama "Data1" yang berada di sebuah folder yang berjulukan "Tugas1". Lalu saya ingin menyalin file yang berjulukan "Data1" kedalam folder gres yang berjulukan "Tugas2" dengan perintah "Copy".

Maka file dengan nama "Data1" berjumlah 2 buah file pada folder yang berbeda. Yaitu berada pada folder dengan nama "Tugas1" dan "Tugas2". dan hasilnya tidak ada data yang terhapus ketika memindahkannya, yang terjadi hanya menciptakan file tersebut menjadi 2 buah file.

2. CUT
Saya mempunyai sebuah file dengan nama "Dataku1" yang berada di sebuah folder yang bernama "Tugasku1". Lalu saya ingin memindahkan file yang bernama "Dataku1" kedalam folder gres yang bernama "Tugasku2" dengan perintah "Cut".

Maka file dengan nama "Dataku1" pada folder "Tugasku1" kini berpindah daerah atau lokasi penyimpanannya ke folder gres yang berjulukan "Tugasku2". Dan kini file pada folder "Tugasku1" telah menghilang, karena sudah dipindahkan pada folder gres yang berjulukan "Tugasku2". Otomatis, ketika ingin membuka file "Dataku1", lokasi file tersebut berada di folder gres dengan nama "Tugasku2".

KESIMPULAN:
Copy = Menyalin (Menduplikat)
Cut = Memindahkan (Memotong)

Nah, hingga sini sudah paham? Saya rasa sih sudah ya alasannya yaitu saya menjelaskannya sudah sangat detail dan sesederhana mungkin. Tapi, kalau masih gundah silahkan berkomentar saja semoga dapat dibantu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar