situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 10 Januari 2015

Macam-Macam Perangkat Input Pada Komputer Beserta Fungsinya

Macam Perangkat Input Pada Komputer Beserta Fungsinya Macam-Macam Perangkat Input Pada Komputer Beserta Fungsinya


Ketika memakai komputer, kita akan mengenal macam-macam perangkat input komputer dan perangkat komputer lainnya ketika memakai komputer yang akan kita gunakan nantinya. Pada artikel ini aku akan menjelaskan pengertian perangkat input, fungsi perangkat input, beserta gambarnya secara lengkap.



Pengertian Perangkat Input Komputer

Perangkat Input atau prangkat masukan yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Sehingga komputer sanggup memproses setiap data yang dimasukan dan nantinya akan di keluarkan oleh perangkat Output. Seperti Monitor, Printer, Speaker, Dan Lain Sebagainya.

Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah info yang sanggup kita lihat melalui media perangkat keluaran. Tidak hanya itu, perangkat input juga digunakan untuk menghubungkan antara perangkat keras dengan pengguna komputer (user).

Ada beberapa perangkat input yang harus kita pahami, Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, ibarat apa fungsi perangkat masukan dan juga bagaimana kegunaan perangkat masukan tersebut. Berikut yaitu ulasannya.

Macam - Macam Perangkat Input Komputer

1. Keyboard

Keyboard dalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu.

Serta melaksanakan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.




2. Mouse


Mouse yaitu perangkat masukan yang berkhasiat sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. Selain digunakan sebagai penunjuk kursor, mouse juga biasa digunakan untuk menentukan dan mengklik objek pada layar monitor.




3. Joystick


Joystick yaitu alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.





4. Trackball


Trackball yaitu perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan.



5. Lightpen


Lightpen yaitu pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor).




6. Scanner


Scanner yaitu alat input yang mempunyai fungsi hampir ibarat dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek kemudian dipindahkan kedalam memory komputer yang akibatnya sanggup dilihat pada layar monitor.




7. Barcode Reader


Barcode Reader yaitu perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data




8. Digitizer


Digitizer yaitu perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital



9. CD ROM / DVD ROM


CD ROM / DVD ROM yaitu perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau aktivitas dari media penyimpanan data CD atau DVD.




10. Flashdisk


Flashdisk yaitu perangkat input yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu.

Kapasitas Flashdisk biasanya terdiri dari 2GB hingga 64 GB kapasitas penyimpanan.




11. Modem


Modem yaitu perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.




12. CD (Compact Disk)


CD (Compact Disk) yaitu perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data memakai sistem optik yang terbuat dari materi plastik.




13. Touchpad


Touchpad yaitu sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang sanggup menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor.

Touchpad ini hanya sanggup ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.




14. WebCam


WebCam yaitu sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya sanggup di saluran atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), aktivitas instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibuat dalam format digital.


15. Voice Recognition

Perangkat keras yang berkhasiat untuk mengidentifikasi seseorang melalui suara.




16. Fingerprint


Fingerprint yaitu perangkat yang digunakan untuk memasukan data langsung berupa pengenalan sidik jari kepada sistem komputer. Yang nantinya akan disambungkan secara khusus mengenai info dari sidik jari tersebut.

Bisa kita ambil contoh, Fingerprint ini biasa digunakan untuk mangkir pegawai. Ketika pegawai meletakan sidik jarinya, secara otomatis Fingerprint akan menginput data dari sidik jari tersebut yang diterjemahkan menjadi sebuah data info pribadi.





17. Card Reader

Card Reader yaitu perangkat pelengkap komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya ibarat SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya yang akan dihubungkan kedalam sebuah port usb pada komputer atau laptop, untuk membaca isi atau data dari media penyimpanan Memori yang terpasang.


18. Floppy Disk (Disket)

Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket yaitu media penyimpanan data yang berbentuk potongan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb.

Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat ibarat sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak digunakan lagi untuk file atau data yang sangat besar, alasannya yaitu sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja digunakan untuk keperluan penyimpanan data ringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar