situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Minggu, 11 Januari 2015

Macam-Macam Output Device Komputer Beserta Fungsinya

Macam Output Device Komputer Beserta Fungsinya Macam-Macam Output Device Komputer Beserta Fungsinya

Pada komputer, kita akan mengenal macam-macam perangkat output komputer dan perangkat komputer lainnya yang akan kita gunakan nantinya ketika menggunakan komputer. Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian output, fungsi perangkat output, jenis perangkat output dan gambarnya secara lengkap.


Pengertian Perangkat Output atau Perangkat Keluaran

Output Device atau perangkat keluaran yakni perangkat yang berkhasiat untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Sederhananya, apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer. Semua itu akan sanggup ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja.

Macam-Macam Output Device Pada Komputer


1. Monitor

Monitor yakni sebuah perangkat keras yang dipakai untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang diperlukan oleh orang yang menggunakan komputer. Yaitu, menampilkan hasil atau data yang sedang dikerjakan pada komputer. Tanpa ada monitor, Komputer akan kehilangan fungsinya.

Monitor sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Monitor LCD yang berbentuk slim memanjang dan juga Monitor Tabung berbentuk kotak. Tapi untuk ketika ini, monitor LCD lebih menonjol dibanding Monitor Tabung yang sudah lawas.




2. Printer

Printer yakni perangkat keras keluaran yang dipakai untuk mencetak data menyerupai gambar/foto dan mencetak goresan pena pada media kertas kosong (Kertas HVS).




3. Speaker

Speaker yakni perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa bunyi dari komputer. Dengan adanya speaker, kita sanggup mengeluarkan suara-suara pada komputer. Seperti bunyi musik, bunyi yang dihasilkan dari video atau bunyi notifikasi pemberitahuan pada komputer.

Untuk ketika ini, banyak sekali jenis speaker yang hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari Speaker Wireless (Tanpa kabel), hingga Speaker Dengan Kabel. Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil, berukuran sedang, hingga berukuran besar. Semakin besar speaker, maka semakin besar juga bunyi yang dihasilkan.





4. Projector

Projecetor yakni perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Sederhananya, Projector yakni perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemerosesan pada komputer atau laptop ke sebuah media lain yang lebih besar (Biasanya projector diarahkan ke dinding atau kertas polos besar khusus projector yang ditempelkan pada dinding).

Biasanya projector dipakai untuk menampilkan hasil persentasi atau untuk media hiburan menyerupai menonton film, bermain game, video call dengan tampilan layar yang besar.




5. Network Card

Network Card yakni perangkat keras yang dipakai sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client. Sederhananya, Network Caard atau biasa disebut dengan kartu jaringan ini mempunyai fungsi sebagai media penghunung ke suatu jaringan. Bisa jaringan server-client maupun jaringan internet.

Bentuk yang paling gampang diingat dari network card yakni mempunyai port RJ45. Dimana jaringan akan terhubung melalui kabel jaringan yang dimasukan kedalam port jaringan RJ45.




6. Tv Tuner Card

Tv Tuner Card yakni perangkat keras yang dipakai untuk menyiarkan tv pada komputer. Dengan adanya tv tuner, kita sanggup menonton siaran tv dari banyak sekali channel melalui Komputer atau Laptop milik kita.

Layaknya TV, Kita juga sanggup mengganti channel tv sesuka kita menggunakan media Remote. Tv Tuner mempunyai bentuk yang berbeda-beda, ada yang berbentuk kotak kecil, ada yang berbentuk usb drive, ada juga yang berbentuk menyerupai Router.



7. Modem

Modem yakni perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Selain, sanggup juga sebagai media masukan ataupun keluaran.

Sama menyerupai Network card, modem juga sanggup menghubungkan kita dengan internet. Perbedaannya adalah, Modem merupakan perangkatnya. Sedangkan Network Card merupakan media mediator untuk terhubung kedalam jaringan.

Modem sendiri mempunyai bentuk dan jenis yang berbeda, ada yang berbentuk kotak kecil dan juga ada yang berbentuk usb drive. Ada yang wireless, Lan Kabel dan usb port.

Modem Wireless:
Seperti Modem Bolt, Mifi Andromax, Modem Router

Modem USB:
Berbentuk menyerupai USB Flashdisk dengan tipe dan merek yang bermacam-macam

Modem Lan Kabel:
Modem yang berbentuk kotak atau sanggup katakan "Modem Router" yang dihubungkan melalui kabel jaringan. Modem Router sanggup dipakai wireless dan juga dengan kabel. Salah satu misalnya misalkan layanan Indihome Fiber Optic.



8. Router

Router yakni perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang mempunyai susukan jaringan sama ataupun berbeda.

Sederhananya, Router merupakan perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk saling menghubungkan pengguna jaringan satu dengan pengguna jaringan yang lainnya dengan cara menangkap sinyal jaringan dan menghubungkannya ke pengguna yang mengakses suatu jaringan tersebut.

Layaknya modem wireless, bentuk dari router yakni kotak kubus slim dengan antena yang tersedia dibelakangnya sebagai media penangkap sinyal.




9. Microphone

Microphone yakni perangkat keras keluaran yang sanggup menangkap gelombang bunyi kemudian merubahnya menjadi getaran listrik.

Fungsi untuk mengeluarkan bunyi atau menjadi media rekaman bunyi yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

Sederhananya, Microphone yakni perangkat keras yang dipakai untuk mengeluarkan bunyi kita dari komputer atau laptop melalui media Microphone.

Jika speaker mengeluarkan suaranya eksklusif dari komputer, maka microphone dipakai untuk mengeluarkan bunyi kita eksklusif melalui media microphone dan dikeluarkan melalui komputer atau laptop. Microphone sendiri biasa dipakai untuk keperluan recording, sehingga bunyi kita akan terdengar sangat jelas.


10. Sound Card

Sound Card yakni perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau bunyi yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa bunyi (seperti microphone) ke dalam komputer.

Jika speaker dan microphone yakni perangkatnya, maka Sound Card yakni media penghasil suaranya. Tanpa adanya Sound Card, Komputer dan Laptop tidak akan mempunyai suara.

Sound Card sendiri mempunyai bentuk yang berbeda-beda, ada yang berbentuk menyerupai network card dan ada juga yang berbentuk usb drive.


11. Headset / Headphone

Headphone/Headset yakni Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang bunyi yang telah disistem oleh komputer.

Atau pengertian sederhananya, Headphone/Headset yakni perangkat keras yang dipakai untuk mengeluarkan bunyi yang dihasilkan dari hasil pengolahan komputer atau laptop. Cara kerja dan fungsinya hampir sama dengan speaker, perbedaannya hanya pada bunyi yang dihasilkan.

Jika pada speaker mengeluarkan bunyi yang besar dan kencang sehingga semua orang sanggup mendengarkannya, maka headphone/headshet mengeluarkan suaranya dengan kencang namun redup. Redup dalam arti hanya kita yang sanggup mendengarkannya.

Beberapa headphone atau headshet juga biasanya sudah disediakan berserta microfonnya. Kaprikornus lebih mudah untuk mendengarkan lagu dan bermain game sambil berbicara dengan teman.


12. Cutting Plotter

Cutting Plotter adalah perangkat keras yang dipakai untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar. Biasanya perangkat ini dipakai untuk pengusaha desain untuk menciptakan gambar-gambar seperti arsitektur dan gambar engineering. Seperti desain promo spanduk, desain banner gambar dan lain sebagainya.


13. Hub

Hub yakni perangkat keras jaringan yang dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus. Perangkat ini biasanya dipakai sebagai desain pembuatan jalur jaringan atau yang biasa disebut dengan Topologi.

Atau sanggup dikatakan sebagai sentra Central Connection Point atau sentra terhubungnya suatu jaringan antar komputer. Cara kerja hub yaitu mendapatkan sebuah sinyal yang kemudian eksklusif dikirimkan kepada tiap-tiap komputer untuk saling terkoneksi.

Pengertian sederhananya, Jika hub mengalami error. Maka komputer yang terhubung melalui hub akan bermasalah. Bentuk dari hub sendiri mempunyai banyak port untuk menghubungkan konektor jaringan RJ45.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar