situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Selasa, 22 Juli 2014

Jenis-Jenis Ram Yang Wajib Diketahui



Jenis-Jenis RAM Yang Wajib Diketahui - Bahkan processor tercepat membutuhkan sebuah buffer(penyangga) untuk menyimpan info dikala sedang diproses. RAM bagi CPU bagaikan sebuah meja untuk memasak: RAM bertugas sebagai daerah dimana materi dan alat yang digunakan untuk mengerjakan, menunggu hingga anda ingin mengambil dan menggunakan bahan-bahan tersebut. Baik sebuah CPU yang cepat dan sejumlah besar RAM diharapkan untuk komputer yang cepat. Baik sebuah CPU yang mempunyai nilai maksimum RAM yang bisa digunakan dan slot pada motherboard mengambarkan jenis dari RAM yang Komputer butuhkan. RAM merupakan bab memori utama yang berfungsi sebagai daerah penyimpanan sementara data yang sedang diproses.

Jenis-jenis RAM (Random Access Memory):

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara terencana oleh CPU supaya tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga mempunyai kepadatan sangat tinggi.

  • SRAM (Static Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM (Sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini menyebabkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara terencana ibarat halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya mempunyai kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.


  • EDORAM (Extended Data Out Random Accsess Memory)
Merupakan jenis RAM yang sanggup menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan sehingga kecepataan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.


  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri atas 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang mempunyai kecepatan hingga 100 MHz.

  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
Merupakan salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi mempunyai jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM mempunyai memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya yaitu 3dfx seri Voodoo4.

  • NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar