situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Minggu, 07 April 2019

Pengertian Vpn, Fungsi Dan Cara Kerja Vpn, Lengkap!

 ialah sebuah koneksi private melalui jaringan publik atau internet Pengertian VPN, Fungsi Dan Cara Kerja VPN, Lengkap!

Pengertian VPN (Virtual Private Network) ialah sebuah koneksi private melalui jaringan publik atau internet, virtual network berarti jaringan yang hanya bersifat virtual. Private yaitu jaringan yang bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. data yang dikirim terenkrisi sehingga tetap diam-diam meskipun melalui jaringan publik.

Jika memakai VPN kita seakan-akan menciptakan jaringan didalam jaringan atau bisa disebut sebagai Tunel. VPN memakai salah satu dari teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar baru, Internet Protocol Security (biasa disingkat dengan IPSec). PVN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) ialah sebagai berikut:

1. VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN server atau sebuah router.

2. Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengotak Server VPN. VPN server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN server memperlihatkan IP Address gres pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.

3. Selanjutnya komputer client bisa dipakai untuk mengakses banyak sekali resource (komputer atau LAN) yang berada dibelakan VPN server contohnya melaksanakan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN server, melaksanakan remote desktop dan lain sebagainya.

 ialah sebuah koneksi private melalui jaringan publik atau internet Pengertian VPN, Fungsi Dan Cara Kerja VPN, Lengkap!

Fungsi VPN

Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunaannya. fungsi utama tersebut ialah sebagai berikut:

1. Confidetiality (Kerahasiaan) 
Teknologi VPN mempunyai sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan teman menjadi lebih terjaga.

Biarpun ada pihak yang sanggup menyadap data teman yang kemudian lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan gampang alasannya ialah memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidakada satu orangpun yang sanggup mengakses dan membaca isi jaringan data teman dengan mudah.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan Internet, data teman sebetulnya sudah berjalan sangat jauh melintasi banyak sekali negara. Di tengah perjalanannya apapun bisa terjadi terhadap isinya.

baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN mempunyai teknologi yang sanggup menjaga keutuhan data yang teman kirim semoga hingga ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.

3. Origin Autentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPNmemiliki kemampuan untuk melaksanakan autentikasi terhadap sumber-sumber pengiriman data yang akan diterimanya. VPN akan melaksanakan investigasi terhadap semua data yang masuk dan mengambil warta source datanya.

Kemudian alamat source data ini akan disetujui bila porses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima oleh teman yang berasal dari sumber yang semestinya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar