situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Selasa, 09 April 2019

7 Jenis Teknologi Biometrik Yang Wajib Kau Ketahui

 Jenis Teknologi Biometrik Yang Wajib Kamu Ketahui 7 Jenis Teknologi Biometrik Yang Wajib Kamu Ketahui

Pada dasarnya, sistem biometrik merupakan sebuah teknologi pemindai yang berfungsi untuk mengenal serta mengidentifikasi karakteristik fisiologis pada insan yang sering dipakai sebagai alat pengaman. Ada beberapa jenis teknologi biometric yang dibentuk sesuai fungsi untuk mengidentifikasi bagian-bagian badan tertentu dengan sistem yang berbeda-beda.

7 Jenis Teknologi Biometrik Yang Wajib Kamu Ketahui

Setidaknya ada beberapa jenis teknologi biometric yang diubahsuaikan dengan fungsinya untuk mengidentifikasi ciri-ciri fisik insan ataupun perilakunya sebagai berikut :

1. Pengenalan Sidik Jari

Mesin jenis ini sering dan sangat banyak dipakai untuk jalan masuk sebuah ruangan kontrol serta mesin absensi. Sistem ini memakai sebuah alat pemindai yang disebut dengan scanner serta perangkat lunaknya. Scanner akan merekam teladan sidik jari yang ditempelkan dan kemudian disimpan di dalam template. Mesin ini akan membandingkan sidik jari gres dengan memori yang sudah direkam sebelumnya.

2. Pengenalan Wajah

Mesin pengenalan wajah mempunyai fungsi mengidentifikasi bentuk wajah serta posisinya. Kamera yang terpasang pada mesin akan menangkap gambar wajah yang akan dipindai kemudian perangkat lunak di dalamnya akan memilah-milah informasi, kemudian sistem di dalamnya akan membandingkan bentuk wajah yang gres dengan memori teladan bentuk wajah yang sudah disimpan sebelumnya.

3. Pengenalan Retina atau Iris

Menurut penelitian, mesin pemindai retina atau iris merupakan mesin yang teraman lantaran setiap lapisan-lapisan pembuluh belakang mata setiap orang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Namun menangkap citra serta teladan retina sangat sulit lantaran seseorang harus berfokus atau memusatkan pandangan pada sebuah titik dan harus dapat mempertahankannya selama beberapa detik biar kamera dapat menangkap gambar retina dengan baik. Setelah gambar retina ditangkap, maka mesin akan memproses verifikasi data dengan yang sudah tersimpan sebelumnya dengan tingkat akurasi yang tinggi.

4. Geometri Lengan

Mesin pengidentifikasian dengan memakai geometri lengan bergotong-royong sudah dipakai semenjak tahun 1996 pada dikala olimpiade dan dipakai sebagai sistem keamanan.

Dengan memakai sistem tersebut, seorang pengguna harus meluruskan potongan lengan berdasarkan petunjuk yang sudah tersedia pada perangkat keras untuk membaca lengan kemudian kamera akan menangkap tiga dimensi dari jari-jari serta tulang dari lengan untuk disimpan ke dalam template.

5. Geometri Jari

Selain geometri lengan, geometri pada jari juga dapat dipakai sebagai materi untuk pemindaian serta proses verifikasi. User atau pengguna akan memposisikan satu hingga dua jari di bawah kamera yang akan menangkap bentuk serta panjang area jari dan juga tulang-tulangnya.

Cara kerjanya hampir sama dengan sistem geometri lengan dimana kamera akan menangkap tiga dimensi teladan dan mencocokkannya dengan teladan yang sudah tersimpan di dalam template.

6. Pengenalan Telapak Tangan

Sistem pengenalan telapak tangan hampir sama dengan sistem mesin sidik jari lantaran mesin biometrik akan menangkap teladan sidik telapak tangan dengan memusatkannya pada setiap susunan-susunan yang bermacam-macam menyerupai potongan tepi dari telapak tangan dan juga memusatkan pada tulang-tulangnya.

7. Pengenalan Suara

Seperti namanya, mesin ini menangkap bunyi yang diterima oleh speaker dan diproses berdasarkan sifat-sifat bahasanya. Tingkat akurasi dari mesin ini dapat dipengaruhi oleh bunyi gaduh atau keramaian dan juga perubahan bunyi seseorang yang disebabkan oleh penyakit ataupun kelelahan sehingga bunyi tidak dapat dikeluarkan dengan normal.

Sealin faktor-faktor tersebut, sistem ini juga mempunyai kelemahan lain ialah rentan terhadap penipuan berupa pemalsuan bunyi yang dilakukan oleh orang lain yang mempunyai jenis bunyi yang sama.

Dengan mengetahui aneka macam macam jenis teknologi biometric, maka hal tersebut akan menambah tumpuan Anda untuk menentukan dan juga menentukan jenis mesin keamanan yang sesuai dengan kebutuhan serta dana yang tersedia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar