situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Senin, 11 Maret 2019

Membuat Kegiatan Perhitungan Matrks Ordo 3X3 Dengan Python

Jika kau mempunyai soal matematika seputar Matriks dan malas untuk menghitung, kau sanggup mencobanya dengan aktivitas sederhana Python penjumlahan dan perkalian Matriks ordo 3x3 ini.

Dalam dunia matematika, Matriks ialah sekumpulan bilangan yang disusun secara baris dan kolom dan ditempatkan pada kurung biasa atau kurung siku. Pelajaran matriks akan kita temui dibangku sekolah maupun sekolah tinggi tinggi.

Nah, aktivitas ini cukup membantu kau yang malas atau mempunyai rasa santai yang berlebihan dengan tugasmu. Dari pada capek-capek mikir, kau sanggup memakai aktivitas Python sederhana ini untuk menghitung matriks ordo 3x3.

Untuk menjalankan aktivitas ini aku memakai Python versi 3.7.2 dan text editor PyCharm. Jika kau memakai Python versi lama, kemungkinan aktivitas ini tidak akan bekerja. Namun tidak ada salahnya jikalau dicoba.

Membuat Program Perhitungan Matrks Ordo 3x3 Dengan Python


Kodingannya :




def cetak_matriks(matriks):  for row in matriks:      print (row)  def panjang_matriks(matriks):  return len(matriks[0])  def lebar_matriks(matriks):  return len(matriks)  def hitung_matriks(mat_a, mat_b):  temp_row = []  temp_mat = []   for i in range(0, lebar_matriks(mat_a)):   for j in range(0, panjang_matriks(mat_a)):    temp_row.append(mat_a[i][j] * mat_b[i][j]) #symbol + sanggup diganti dengan * bila ingin menghitung perkalian   temp_mat.append(temp_row)   temp_row = []  return temp_mat  matriks_a = [[1, 2, 3], [4, 5, 6], [7, 8, 9]] matriks_b = [[1, 4, 7], [2, 5, 8], [3, 6, 9]]  print ("MATRIKS A : ") cetak_matriks(matriks_a)  print ("\nMATRIKS B : ") cetak_matriks(matriks_b)  print ("\nHASIL PENJUMLAHAN MATRIKS : ") hasil = hitung_matriks(matriks_a, matriks_b) cetak_matriks(hasil) 

Hasilnya :

 
Jika kau mempunyai soal matematika seputar Matriks dan malas untuk menghitung Membuat Program Perhitungan Matrks Ordo 3x3 Dengan Python

Jika kau mempunyai soal matematika seputar Matriks dan malas untuk menghitung Membuat Program Perhitungan Matrks Ordo 3x3 Dengan Python

Tidak ada komentar:

Posting Komentar