Pada artikel ini kita akan membahas ncara menciptakan agenda sebuah game tebak kata dengan bahasa pemrograman Python. Game tebak kata mungkin sudah tidak absurd untuk kalian yang mempunyai smartphone Android yang dapat kalian unduh gamenya di Playstore.
Dengan tampilan mobile yang menarik, tentunya menciptakan kalian tertarik untuk memainkannya. Tapi, bagaimana jikalau kalian memainkan game tebak kata versi komputer yang dibentuk oleh bahasa pemrograman Python?
Dengan tampilan mobile yang menarik, tentunya menciptakan kalian tertarik untuk memainkannya. Tapi, bagaimana jikalau kalian memainkan game tebak kata versi komputer yang dibentuk oleh bahasa pemrograman Python?
Belajar ngoding sambil berguru menciptakan agenda dan menghasilkan agenda yang dapat dipergunakan, Wah, tentunya sangat keren bukan?
Cara menciptakan agenda dengan bahasa Python tentunya akan sangat menarik, menciptakan aplikasi sederhana dengan Python akan menciptakan kita dapat sedikit mengenal bahasa pemrograman Python.
Karena bahasa Python ini merupakan bahasa yang paling sederhana dan juga termasuk bahasa yang paling terkenal di Indonesia.
Cara kerja game ini pun cukup mudah, kalian hanya perlu memasukan karakter per karakter untuk dapat menghasilkan sebuah kalimat yang tepat. Kalimat-kalimat tersebut tentunya sudah tersedia pada kodingan dibawah ini.
Saya memakai Python versi 3.7.2, kau dapat mencobanya juga memakai Python versi lama.
Saya memakai Python versi 3.7.2, kau dapat mencobanya juga memakai Python versi lama.
Berikut yakni akhirnya :
Berikut yakni kodingannya :
import random def acakkata(): # list kata katakata = ['mutlak', 'benar', 'terserap', 'menonjolkan', 'aktivis', 'sebenarnya', 'aktualitas', 'remaja', 'mempengaruhi', 'terpengaruh', 'udara', 'waspada', 'sepanjangwaktu', 'mengalegorisasikan', 'persekutuan', 'aliansi', 'kiasan', 'sindiran', 'baik', 'samasekali', 'memperkuat', 'analisis', 'semu', 'tampaknya', 'penampilan', 'menangkap', 'menilai', 'penilaian', 'anggapan', 'astronomis', 'sikap', 'rata-rata', 'sadar', 'kesadaran', 'bayi', 'padadasarnya', 'tongkat', 'kepercayaan', 'keyakinan', 'besar', 'darah', 'berbasisluas', 'tanpahenti', 'pusat', 'bersertifikat', 'nyanyian', 'klaim', 'rahasia', 'memikirkan', 'tanggungjawab', 'komentar', 'komentator', 'lengkap', 'samasekali', 'memahami', 'terpadu', 'curhat', 'dugaan', 'hatinurani', 'kesadaran', 'besar', 'sangat'] kataterpilih = random.choice(katakata) return kataterpilih def cektebakan(parsekata, huruftebakan=None): # cek apakan karakter ada di kata if huruftebakan in parsekata: return True else: return False def hitunginput(huruftebakan): # menghitung jumlah input tebakan count = 0 for i in huruftebakan: count += 1 return count def progresskata(parsekata, progress, huruftebakan=None): # fungsi tebak per 1 kata if progress == None: # jikalau game gres di mulai progress masih * semua progress = [] for i in parsekata: progress.append('*') for i in (i for i, x in enumerate(parsekata) if x == huruftebakan): progress[i] = str(huruftebakan) # ubah * jd karakter return progress def tebaklangsung(parsekata, huruftebakan): # fungsi tebakan pribadi kata = ''.join(parsekata) tebak = ''.join(huruftebakan) if kata == tebak: return True else: return False def cekselesai(progress): # cek progress kata yang di tebak ada = -1 for i in (i for i, x in enumerate(progress) if x == '*'): ada = i if ada != -1: return True else: return False def join(kata): # menggabungkan isi list kata = ' '.join(kata) return kata def sudahdipilih(baghuruf, pilihan): # fungsi cek karakter pernah dipilih ada = -1 for i in (i for i, x in enumerate(baghuruf) if x == pilihan): ada = i if ada != -1: return True else: return False def main(): kata = acakkata() parsekata = list(kata) panjangkata = len(parsekata) progress = None tertebak = False telahdipilih = [] # print(parsekata) print('Selamat tiba pada GAME TEBAK KATA.') langkah = 0 while not tertebak: print('Kata berisi %d huruf, ' % panjangkata, end='') huruftebakan = input('silahkan tebak 1 huruf: ') jmltebakan = hitunginput(huruftebakan) if jmltebakan == 1: # jikalau input hanya 1 karakter # S: cek karakter sudah pernah di pilih cektlhdipilih = sudahdipilih(telahdipilih, huruftebakan) if cektlhdipilih: print('Anda sudah menebak hurur %s sebelumnya.' % huruftebakan) print(join(progress)) continue # lansung langkah berikutnya else: telahdipilih.append(huruftebakan) # E: cek karakter sudah pernah di pilih # S: cek jikalau karakter tebakan ada dalam kata cekada = cektebakan(parsekata, huruftebakan) if cekada: progress = progresskata(parsekata, progress, huruftebakan) print(join(progress)) else: print('Tidak mengandung karakter ', huruftebakan) print(join(progress)) # E: cek jikalau karakter tebakan ada dalam kata # S: cek jikalau karakter sudah berhasil tertebak final = cekselesai(progress) if not selesai: print('Selamat Anda berhasil!!!') print('Kata ''%s'' tertebak dalam %d langkah.' % (join(parsekata), langkah)) tertebak = True # E: cek jikalau karakter sudah berhasil tertebak else: # jikalau input lebih dari 1 karakter if jmltebakan == 0: # tidak ada input print('Tidak ada input, masukkna satu huruf.') print(join(progress)) else: # input lebih dari satu, tebakan pribadi pribadi = tebaklangsung(parsekata, huruftebakan) if pribadi == True: # jikalau tebakan pribadi benar print('Selamat tebakan pribadi anda berhasil!!!') print('Kata ''%s'' tertebak dalam %d langkah.' % (join(parsekata), langkah)) tertebak = True else: # tebakan pribadi salah print('Tebakan pribadi anda belum tepat.') print(join(progress)) langkah += 1 main()
Tidak ada komentar:
Posting Komentar