situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Minggu, 03 Maret 2019

Cara Menciptakan Game Tebak Kata Dengan Python

Pada artikel ini kita akan membahas ncara menciptakan agenda sebuah game tebak kata dengan bahasa pemrograman Python. Game tebak kata mungkin sudah tidak absurd untuk kalian yang mempunyai smartphone Android yang dapat kalian unduh gamenya di Playstore.

Dengan tampilan mobile yang menarik, tentunya menciptakan kalian tertarik untuk memainkannya. Tapi, bagaimana jikalau kalian memainkan game tebak kata versi komputer yang dibentuk oleh bahasa pemrograman Python?

Pada artikel ini kita akan membahas ncara menciptakan agenda sebuah game tebak kata dengan ba Cara Membuat Game Tebak Kata Dengan Python

Belajar ngoding sambil berguru menciptakan agenda dan menghasilkan agenda yang dapat dipergunakan, Wah, tentunya sangat keren bukan?

Cara menciptakan agenda dengan bahasa Python tentunya akan sangat menarik, menciptakan aplikasi sederhana dengan Python akan menciptakan kita dapat sedikit mengenal bahasa pemrograman Python.

Karena bahasa Python ini merupakan bahasa yang paling sederhana dan juga termasuk bahasa yang paling terkenal di Indonesia.

Cara kerja game ini pun cukup mudah, kalian hanya perlu memasukan karakter per karakter untuk dapat menghasilkan sebuah kalimat yang tepat. Kalimat-kalimat tersebut tentunya sudah tersedia pada kodingan dibawah ini.

Saya memakai Python versi 3.7.2, kau dapat mencobanya juga memakai Python versi lama.

Berikut yakni akhirnya :

Pada artikel ini kita akan membahas ncara menciptakan agenda sebuah game tebak kata dengan ba Cara Membuat Game Tebak Kata Dengan Python

Berikut yakni kodingannya : 

 import random   def acakkata():  # list kata     katakata = ['mutlak',                 'benar',                 'terserap',                 'menonjolkan',                 'aktivis',                 'sebenarnya',                 'aktualitas',                 'remaja',                 'mempengaruhi',                 'terpengaruh',                 'udara',                 'waspada',                 'sepanjangwaktu',                 'mengalegorisasikan',                 'persekutuan',                 'aliansi',                 'kiasan',                 'sindiran',                 'baik',                 'samasekali',                 'memperkuat',                 'analisis',                 'semu',                 'tampaknya',                 'penampilan',                 'menangkap',                 'menilai',                 'penilaian',                 'anggapan',                 'astronomis',                 'sikap',                 'rata-rata',                 'sadar',                 'kesadaran',                 'bayi',                 'padadasarnya',                 'tongkat',                 'kepercayaan',                 'keyakinan',                 'besar',                 'darah',                 'berbasisluas',                 'tanpahenti',                 'pusat',                 'bersertifikat',                 'nyanyian',                 'klaim',                 'rahasia',                 'memikirkan',                 'tanggungjawab',                 'komentar',                 'komentator',                 'lengkap',                 'samasekali',                 'memahami',                 'terpadu',                 'curhat',                 'dugaan',                 'hatinurani',                 'kesadaran',                 'besar',                 'sangat']     kataterpilih = random.choice(katakata)     return kataterpilih   def cektebakan(parsekata, huruftebakan=None):  # cek apakan karakter ada di kata     if huruftebakan in parsekata:         return True     else:         return False   def hitunginput(huruftebakan):  # menghitung jumlah input tebakan     count = 0     for i in huruftebakan:         count += 1     return count   def progresskata(parsekata, progress, huruftebakan=None):  # fungsi tebak per 1 kata     if progress == None:  # jikalau game gres di mulai progress masih * semua         progress = []         for i in parsekata:             progress.append('*')      for i in (i for i, x in enumerate(parsekata) if x == huruftebakan):         progress[i] = str(huruftebakan)  # ubah * jd karakter      return progress   def tebaklangsung(parsekata, huruftebakan):  # fungsi tebakan pribadi     kata = ''.join(parsekata)     tebak = ''.join(huruftebakan)      if kata == tebak:         return True     else:         return False   def cekselesai(progress):  # cek progress kata yang di tebak     ada = -1     for i in (i for i, x in enumerate(progress) if x == '*'):         ada = i      if ada != -1:         return True     else:         return False   def join(kata):  # menggabungkan isi list     kata = ' '.join(kata)     return kata   def sudahdipilih(baghuruf, pilihan):  # fungsi cek karakter pernah dipilih     ada = -1     for i in (i for i, x in enumerate(baghuruf) if x == pilihan):         ada = i      if ada != -1:         return True     else:         return False   def main():     kata = acakkata()     parsekata = list(kata)     panjangkata = len(parsekata)     progress = None     tertebak = False     telahdipilih = []      # print(parsekata)     print('Selamat tiba pada GAME TEBAK KATA.')      langkah = 0     while not tertebak:         print('Kata berisi %d huruf, ' % panjangkata, end='')         huruftebakan = input('silahkan tebak 1 huruf: ')          jmltebakan = hitunginput(huruftebakan)         if jmltebakan == 1:  # jikalau input hanya 1 karakter             # S: cek karakter sudah pernah di pilih             cektlhdipilih = sudahdipilih(telahdipilih, huruftebakan)             if cektlhdipilih:                 print('Anda sudah menebak hurur %s sebelumnya.' % huruftebakan)                 print(join(progress))                 continue  # lansung langkah berikutnya             else:                 telahdipilih.append(huruftebakan)             # E: cek karakter sudah pernah di pilih              # S: cek jikalau karakter tebakan ada dalam kata             cekada = cektebakan(parsekata, huruftebakan)             if cekada:                 progress = progresskata(parsekata, progress, huruftebakan)                 print(join(progress))             else:                 print('Tidak mengandung karakter ', huruftebakan)                 print(join(progress))             # E: cek jikalau karakter tebakan ada dalam kata              # S: cek jikalau karakter sudah berhasil tertebak             final = cekselesai(progress)             if not selesai:                 print('Selamat Anda berhasil!!!')                 print('Kata ''%s'' tertebak dalam %d langkah.' % (join(parsekata), langkah))                 tertebak = True             # E: cek jikalau karakter sudah berhasil tertebak         else:  # jikalau input lebih dari 1 karakter             if jmltebakan == 0:  # tidak ada input                 print('Tidak ada input, masukkna satu huruf.')                 print(join(progress))             else:  # input lebih dari satu, tebakan pribadi                 pribadi = tebaklangsung(parsekata, huruftebakan)                 if pribadi == True:  # jikalau tebakan pribadi benar                     print('Selamat tebakan pribadi anda berhasil!!!')                     print('Kata ''%s'' tertebak dalam %d langkah.' % (join(parsekata), langkah))                     tertebak = True                 else:  # tebakan pribadi salah                     print('Tebakan pribadi anda belum tepat.')                     print(join(progress))         langkah += 1   main() 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar