Teknologi gosip sudah merasuk ke banyak sekali lini kehidupan, salah satunya di bidang keuangan. Tren ini dikenal dengan nama financial technology (fintech).
Bank-bank di Indonesia pun berlomba-lomba menawarkan layanan fintech terbaik. Setiap bank mempunyai produk digital banking dengan keunggulannya masing-masing untuk menarik calon pengguna.
10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia
#1 Internet Banking
Internet banking merupakan layanan transaksi perbankan dengan cara mengakses website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan. Hampir semua bank telah menyediakan layanan internet banking.
Contoh Layanan Internet Banking : Mandiri Internet, Internet Banking BRI, BNI Internet Banking, KlikBCA, CIMB Clicks, BTPN Sinaya Online, Danamon Online Banking, PermataNet, Citibank Online, dan semacamnya.
Contoh Layanan Internet Banking : Mandiri Internet, Internet Banking BRI, BNI Internet Banking, KlikBCA, CIMB Clicks, BTPN Sinaya Online, Danamon Online Banking, PermataNet, Citibank Online, dan semacamnya.
#2 Mobile Banking
Mobile banking merupakan layanan transaksi perbankan melalui aplikasi telepon seluler.
Contoh Layanan Mobile Banking : Mandiri Mobile, Mobile Banking BRI, BNI Mobile Banking, M-BCA, Go Mobile (CIMB), D-Mobile (Danamon), Digibank (DBS), dan lain-lain.
Contoh Layanan Mobile Banking : Mandiri Mobile, Mobile Banking BRI, BNI Mobile Banking, M-BCA, Go Mobile (CIMB), D-Mobile (Danamon), Digibank (DBS), dan lain-lain.
#3. SMS Banking
Contoh Layanan SMS Banking : Mandiri SMS, SMS Banking BRI, BNI SMS Banking, Permata SMS Navigator, Citi Mobile SMS, dan lainnya.
#4 ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri)
ATM itu juga termasuk dalam layanan perbankan digital. ATM ialah mesin khusus yang melayani transaksi perbankan, biasanya ada di tempat-tempat umum. Keunggulan ATM dibanding layanan perbankan digital lainnya: ATM sanggup untuk tarik tabungan tunai secara gampang dan cepat.
Contoh Layanan ATM : ATM BRI, BNI ATM Drive Thru, Permata Mini ATM, dll.
Contoh Layanan ATM : ATM BRI, BNI ATM Drive Thru, Permata Mini ATM, dll.
#5 Uang Elektronik (Berbasis Chip & Server)
Uang elektronik atau uang digital (e-money) ialah uang yang digunakan dalam transaksi elektronik. Nah, "berbasis chip" di sini maksudnya ialah transaksi elektronik memakai kartu khusus yang telah ditanamkan chip.
Sebelum melaksanakan transaksi, pemakai kartu ini harus menyimpan uang digital dulu ke dalam chip kartu tersebut. Contoh cara pembayaran dengan memakai kartu ini: nasabah cukup tap kartunya ke mesin transaksi khusus, otomatis saldo uang digital dalam kartu itu akan berkurang.
Contoh Layanan Uang Elektronik : Mandiri e-Money, BRIZZI, Tap Cash (BNI), Flazz (BCA)
Sementara itu, "berbasis server" artinya uang elektroniknya disimpan ke server. Nasabah sanggup mengakses uang digitalnya memakai aplikasi telepon selular khusus, jadi transaksinya harus online.
Contoh Layanan Uang Elektronik Berbasis Server : UnikQu (BNI), Sakuku (BCA)
Sebelum melaksanakan transaksi, pemakai kartu ini harus menyimpan uang digital dulu ke dalam chip kartu tersebut. Contoh cara pembayaran dengan memakai kartu ini: nasabah cukup tap kartunya ke mesin transaksi khusus, otomatis saldo uang digital dalam kartu itu akan berkurang.
Contoh Layanan Uang Elektronik : Mandiri e-Money, BRIZZI, Tap Cash (BNI), Flazz (BCA)
Sementara itu, "berbasis server" artinya uang elektroniknya disimpan ke server. Nasabah sanggup mengakses uang digitalnya memakai aplikasi telepon selular khusus, jadi transaksinya harus online.
Contoh Layanan Uang Elektronik Berbasis Server : UnikQu (BNI), Sakuku (BCA)
#6 Phone Banking
Layanan transaksi perbankan melalui telepon. Nasabah tinggal menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melaksanakan transaksi.
Contoh Layanan Phone Banking : Mandiri Call, BNI Phone Banking, BCA by Phone, PermataTel, Halo Bukopin
Contoh Layanan Phone Banking : Mandiri Call, BNI Phone Banking, BCA by Phone, PermataTel, Halo Bukopin
#7 Rekening Ponsel
Nasabah sanggup melaksanakan transaksi perbankan dengan nomor teleponnya. Nomor telepon ini yang akan berfungsi sebagai rekening bank. Pada beberapa bank tertentu, nasabah bahkan tidak perlu melaksanakan pembukaan rekening di kantor cabang bank, cukup dengan memakai teknologi USSD.
Contoh Layanan Rekening Ponsel : Mandiri e-Cash, T-Bank (BRI), DUITT (BCA), dan lainnya.
Contoh Layanan Rekening Ponsel : Mandiri e-Cash, T-Bank (BRI), DUITT (BCA), dan lainnya.
#8 Payment Gateway
Adalah layanan dalam dunia e-commerce atau belanja online. Nasabah memakai layanan ini untuk bertransaksi jual-beli secara online yang dilengkapi dengan otorisasi khusus biar antara penjual dan pembeli sanggup saling percaya.
Contoh Layanan Payment Gateway : E-Pay BRI, BCA Klikpay
Contoh Layanan Payment Gateway : E-Pay BRI, BCA Klikpay
#9 Branchless Banking atau Laku Pandai
LAyanan KeUangan tanPA kaNtor Dalam rangkA keuangan Inklusif (Laku Pandai) ialah agenda Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kolaborasi dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Jadi, masyarakat di pedesaan sanggup bertransaksi melalui si biro bank ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke kantor cabang bank.
Contoh Branchless Banking : Mandiri Branchless Banking, BRILink, Agen46 (BNI), LAKU (BCA), dan lainnya.
Contoh Branchless Banking : Mandiri Branchless Banking, BRILink, Agen46 (BNI), LAKU (BCA), dan lainnya.
#10 EDC
Mesin Electronic Data Caputre (EDC) itu alat yang biasanya digunakan untuk bayar di kasir.
Contoh Layanan EDC : Mandiri EDC, Smart EDC (BRI), EDC Bizz (BCA), dan lainnya.
Contoh Layanan EDC : Mandiri EDC, Smart EDC (BRI), EDC Bizz (BCA), dan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar