situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Jumat, 07 September 2018

Sistem Teknologi Ppdb Online Di Indonesia

 Dulu teknologi merupakan kebutuhan sekunder bahkan sanggup tergolong dalam kebutuhan tersier Sistem Teknologi PPDB Online Di Indonesia

Seiring dengan perkembangan globalisasi, teknologi kian melaju pesat. Dulu teknologi merupakan kebutuhan sekunder bahkan sanggup tergolong dalam kebutuhan tersier. Akan tetapi, ketika ini teknologi sanggup dikategorikan menjadi kebutuhan primer. Teknologi ketika ini sudah menjangkau area pendidikan. Bahkan, jalur masuk pendidikan juga memakai suatu teknologi berbasis internet yang biasa disebut dengan sistem teknologi PPDB online.

Pemahaman Tentang Sistem Teknologi PPDB Online

Sistem teknologi PPDB online merupakan suatu sistem yang dirancang untuk penerimaan peserta asuh gres (PPDB) dari awal calon peserta mendapat informasi, melaksanakan pendaftaran, mengikuti proses pelaksanaan seleksi, sampai mendapat pengumuman hasil seleksi melalui internet. Biasanya, server dalam teknologi PPDB Online ini ialah Dinas Pendidikan baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Sistem  ini merupakan wujud dari perkembangan teknologi yang ketika ini dipakai di Indonesia. Mengingat ketika ini dunia teknologi terutama internet sudah berkembang sangat pesat dan sudah sanggup diakses bagi seluruh lapisan masyarakat, teknologi ini sangat sempurna kalau diterapkan di Indonesia untuk memajukan sumber daya insan Indonesia.

Tujuan  Sistem Teknologi PPDB Online


Tujuan umum daikembangkannya sistem ini adalah:
  1. Wujud pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah
  2. Terciptanya sistem pendidikan yang transparan
  3. Pelaksanaan sistem pendidikan yang efektif dan efisien
  4. Menunjang keberhasilan sistem pendidikan
  5. Wujud perkembangan sumber daya insan dalam dunia teknologi

Manfaat Sistem Teknologi PPDB Online

Sistem ini tentunya mempunyai banyak manfaat yang pribadi sanggup dirasakan oleh masyarakat. Beberapa manfaat dari teknologi PPDB online ini adalah:

1. Bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah
  • Memberikan pelayanan publik yang luas kepada masyarakat
  • Tersedianya basis data yang terintegerasi
  • Memudahkan dalam proses pemetaan
  • Biaya efisien
  • Wujud transparansi pemerintah
  • Sarana promosi dan peningkatan reputasi sekolah
  • Meningkatkan sumber daya insan melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dinas pendidikan dan sekolah

2. Bagi Calon Peserta Didik Baru
  • Mempermudah dalam memperoleh informasi
  • Mempermudah dalam proses pendaftaran
  • Mempermudah dalam proses seleksi
  • Mempermudah dalam mengakses perkembangan registrasi terbaru
  • Efektif dan efisien
  • Pelayanan 24 jam melalui internet

Tantangan Pelaksanaan Sistem PPDB Online

Pelaksanaan sistem teknologi PPDB online tentunya mempunyai tantangan yang kalau dibiarkan sanggup menjadi permasalahan baru. Salah satu tantangan yang dilarang dibiarkan dan sanggup menjadi bahaya ialah adanya oknum yang tidak bertanggungjawab dalam hal ini ialah hacker yang sanggup memanipulasi proses pelaksanaan PPDB Online. Hacker sanggup melaksanakan pembobolan dan mengolah data sesuai dengan yang mereka inginkan.

Selain itu, tantangan yang lain ialah manipulasi data terkait dengan jarak rumah yang sanggup dilakukan oleh wali murid. Mereka melaksanakan manipulasi jarak rumah biar anaknya sanggup dengan gampang lolos di sekolah yang mereka inginkan.

Teknologi PPDB Online ini merupakan hal yang sangat penting dalam proses pendidikan. Melalui sistem ini, pelaksanaan penerimaan siswa dilakukan lebih transparan dan efisien. Pelaksanaan Teknologi PPDB Online sesuai dengan undangan dari masyarakat yaitu adanya transparansi dalam dunia pendidikan. Hal ini juga sanggup dipakai sebagai wadah untuk memerangi perkara KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) yang marak terjadi di Indonesia. Sistem ini sanggup terealisasi dengan optimal kalau ada kerjasama yang baik bagi pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam melaksanakan proses PPDB dengan penuh tanggungjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar