situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Kamis, 01 Februari 2018

5 Karakteristik Cloud Computing Yang Wajib Diketahui

5 Karakteristik Cloud Computing - Cloud Computing ialah suatu bentuk evolusi lanjutan dari internet yag menggabungkan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Dalam istilah ini Cloud diartikan sebagai internet, sedangkan Computing diartikan sebagai proses komputasi


Macam-macam Cloud Computing ini mempunyai fungsi dan kelebihan yang berbeda tergantung cara kerja dan modelnya. Cloud Computing mempunyai 5 karakteristik. Lalu, apa saja karakteristik dari Cloud Computing? Menurut NIST, ada 5 Karakteristik Cloud Computing semoga sebuah sistem sanggup disebut sebagai Cloud Computing. Berikut adalah karakteristik Cloud Computing berdasarkan NIST  yaitu:


1. Broad Network Access
Akses jaringan yang luas dan sanggup diakses oleh aneka macam jenis perangkat, menyerupai smartphone, tablet, laptop, dsb. Contohnya facebook mobile, memungkinkan kita untuk mengakses layanan facebook melalui  handphone, smartphone ataupun tablet dimanapun kita berada.

2. Resource Pooling
Sumber daya komputasi dari penyedia cloud harus memenuhi banyak pelanggan dan bersifat dinamis tergantung kebutuhan pelanggannya. Contohnya google, menyediakan ratusan ribu server yang tersebar di penjuru dunia sehingga sanggup melayani jutaan penggunanya.5 karakteristik cloud computing

3. On-demand Self Service
Pengguna cloud sanggup mengatur sendiri layanan yang dipakai  sesuai dengan kebutuhannya tanpa interaksi dari pihak penyedia layanan. Contohnya memakai gmail, kita sanggup menyimpan, memindahkan, menghapus email, dsb tanpa campur tangan dari penyedia cloud.

4. Measured Service
Sistem cloud menyediakan layanan yang sanggup memonitor dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya terhadap layanan yang digunakan (misalnya daerah penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, dan akun pengguna yang aktif). Sehingga pelanggan sanggup memonitor sumber daya komputasi yang digunakan secara transparan antara penyedia layanan dan pelanggan. Misalnya dropbox, kita sanggup memantau space yang terpakai ataupun space yang masih kosong, mengetahui masa aktif akun, dan lain sebagainya.

5. Rapid Elasticity
Kapasitas layanan bersifat fleksibel tergantung kebutuhan pengguna. Sehingga pengguna cloud sanggup dengan gampang meminta menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan sesuai kebutuhannya. Jadi, kapasitas layanan ini seolah tak terbatas dan pengguna cloud sanggup menentukan sesuai dengan kebutuhannya setiap saat. Misalnya office 365, kita sanggup dengan cepat mengubah layanan yang diinginkan dari small ke bussiness atau sebaliknya sesuai denngan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar