situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 10 Februari 2018

3 Jenis Layanan Cloud Computing Yang Wajib Diketahui

Jenis Layanan Cloud Computing Yang Wajib Diketahui - Internet memang menyediakan banyak layanan. Tetapi tidak semua layanan sanggup disebut dengan Cloud Computing. Layanan-layanan yang sanggup di kategorikan sebagai Cloud Computing mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  • Suatu layanan yang menyediakan fasilitas kepada para penggunanya untuk berlangganan sesuai dengan kebutuhan mereka dan membayar sesuai dengan kapasitas yang mereka gunakan saja.
  • Suatu layanan yang bersifat fleksibel sehingga pengguna sanggup menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan sesuai dengan kebutuhan mereka
  • Layanan-layanan yang sepenuhnya dikelola oleh provider sehingga para pengguna hanya menyediakan PC (Personal Computer) atau Notebook serta koneksi internet.
Nah, menurut jenis layanan yang ditawarkan, Cloud Computing terdiri dari tiga jenis layanan, yakni:


1. Software as a Service (SaaS)
Jenis layanan ini merupakan jenis layanan yang lebih dahulu dikenal. Jenis layanan ini merupakan hasil pengembangan dari konsep ASP (Application Service Provider). 

Layanan yang menyediakan aplikasi jadi atau siap pakai kepada End user. Ciri dari layanan ini yakni user tidak perlu menciptakan aplikasi, tidak perlu menyiapkan daerah dan juga infrastruktur. Tetapi pada jenis layanan ini, para pengguna tidak mempunyai kendali penuh pada aplikasi yang mereka gunakan

Contoh SaaS yakni gmail, ymail, facebook, twitter, dropbox. Atau yang berbayar menyerupai salesforce, office365, dsb.


2. Platform as a Service (PaaS)
Layanan yang menyewakan “tempat” untuk menjalankan aplikasi dari user. Tempat yang dimaksud menyerupai sistem operasi, database, framework, dsb yang merupakan wadah untuk berjalannya aplikasi. Ciri dari layanan ini yakni user tidak perlu melaksanakan maintenance dan tidak perlu menyiapkan infrastruktur. Sehingga user sanggup tetap fokus membangun aplikasinya.

Contoh Pass yakni Windows Azure, Amazon Web Service, GoogleApp Engine.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Layanan yang menyewakan infrastruktur IT kepada user yang ingin membangun layanan cloud. Infrastruktur disini bersifat fisik, sanggup berupa memory, penyimpanan, server, jaringan, dsb. Hal-hal menyerupai menciptakan aplikasi dan konfigurasinya diserahkan kepada user. Cloud provider hanya menyediakan infrastruktur menurut request dari user. Ciri layanan ini yakni jikalau user ingin mengupgrade memory atau menambah server, user tinggal menghubungi provider lalu provider akan menyediakan sesuai dengan permintaan. 

Contoh IaaS yakni Amazon EC2, Rackspace cloud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar