situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Selasa, 14 November 2017

Bentuk Komunikasi Dengan E-Mail Beserta Pengertiannya

Bentuk Komunikasi Dengan Email (E-mail/Electronic Mail) Beserta Pengertiannya - Email yakni akronim dari Electronic Mail yang berfungsi sebagai sarana atau daerah untuk mengirimkan surat melalui jaringan internet, Yang merupakan salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak dipakai dalam internet.

Dengan adanya Email, kita sanggup berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain diseluruh dunia dan juga kita sanggup saling bertukar data digital atau berkas-berkas penting lainnya secara cepat dan mudah.

Namun yang harus diketahui adalah, email mempunyai bentuk-bentuk komunikasi yang dikirimkan melalui internet. Berikut adalah Bentuk Komunikasi Dengan E-mail Beserta Pengertiannya :


1. Point to point
    Point to Point yakni mengirimkan email eksklusif ke sebuah alamat tertentu atau biasa disebut dengan JaPri (Jalur Pribadi). Dengan kata lain, jaringan ini yakni bentuk komunikasi yang telah disepakati atau telah janjian terlebih dahulu untuk saling berkomunikasi memakai email.

Contoh:
A: saya akan mengirimkan data penting ke alamat email pribadi anda emailteman@gmail.com
B: Baik, Saya akan menunggu data saya terkirim dari email anda.


2. Carbon Copy/CC
    Carbon Copy atau CC yakni cara komunikasi dengan email lebih dari satu orang penerima, yang posisinya orang-orang yang dikirimkan email tersebut mengetahui juga siapa saja yang dikirimkan email.

Contoh:
A: Saya akan mengirimkan data penting ke alamat email B, C dan D

maka B, C dan D akan mengetahui, email siapa saja yang mendapat kiriman dari email si A. Meskipun emailnya dikirimkan secara bersamaan.

    
3. Blind Carbon Copy/BCC
    Blind Carbon Copy atau BCC yakni cara komunikasi dengan email lebih dari satu orang penerima, yang posisinya orang-orang yang dikirimkan email tersebut tidak akan mengetahui juga siapa saja yang dikirimkan email.

Ini yakni variasi dari CC. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkanm sebuah e-mail kepada seseorang, tetapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusanny kepada orang lain. Untuk itu gunakan BCC.

Contoh:
A: Saya akan mengirimkan data penting ke alamat email B, C dan D

maka B, C dan D tidak akan mengetahui, email siapa saja yang mendapat kiriman dari email si A. Meskipun emailnya dikirimkan secara bersamaan.


4. Distribution List
    Distribution List yakni sebuah cara komunikasi dengan memakai e-mail secara satu arah. Biasanya ini dibentuk oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu, tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para peserta e-mailnya.

Cara ini biasa dipakai untuk promosi, berbagi iklan atau isu dan bahkan informasi melalui email.


5. Discussion List
    Discussion List seringkali juga disebut mailing list atau lebih terkenal dengan milis. Milis sendiri sanggup dikatakan yakni sebuah Grup pada Email. Dimana posisinya, setiap anggota yang ditambahkan kedalam grup email (Milis) akan mendapat pemberitahuan dari seseorang yang berkomunikasi di dalamnya.

Penambahan anggota pada grup email milis ini juga biasanya dilakukan secara manual atau dengan cara memasukan nama-nama email anggota yang ingin diajak bergabung kedalam grup diskusi email atau biasa disebut dengan Milis.

Nah, itulah beberapa bentuk dan cara komunikasi dengan Email (Electronic Mail). Semoga pembahasan pada artikel ini sanggup membantu menambah wawasan ilmu pengetahuan kita mengenai teknologi pada cara penggunaan Email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar