situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Sabtu, 11 November 2017

10 Budbahasa Berkomunikasi Di Internet (Chatting)

Etika Berkomunikasi Di Internet (Chatting) - Internet yaitu sebuah jalur penghubung antara insan satu dengan insan lainnya untuk bisa berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Berbicara soal internet, semua orang niscaya sudah mengenalnya. Sebuah media komunikasi terbesar yang bisa menghubungkan seluruh insan yang ada di dunia dan juga saling berinteraksi.

Berinteraksi melalui internet yaitu hal yang gampang dan praktis, sehingga kita bisa dengan cepat mendapat sebuah kabar, informasi, ataupun kabar terbaru dari orang terdekat maupun orang-orang yang ada diseluruh dunia.


Tetapi, semoga komunikasi yang terjalin dengan baik. Maka kita harus mengetahui batasan-batasan kita atau moral berkomunikasi kita dengan orang lain melalui internet. Karena kalau kita melaksanakan kesalahan sedikit saja dan mengakibatkan permasalahan, hal ini bisa memasukan kita kedalam jalur hukum, kejalur pertengkaran, kejalur negatif yang seharusnya tidak terjadi.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkomunikasi di internet, kita harus memahami terlebih dahulu perihal moral berkomunikasi di internet. Berikut yaitu moral berkomunikasi yang baik di internet,

1. Gunakan Bahasa Yang Sopan
Kata-kata yang berangasan dan kurang sopan akan membawa efek yang buruk terhadap diri kita dan nantinya kita akan dianggap buruk oleh orang lain. Sebisa mungkin, gunakan bahasa yang halus dan sopan untuk menghindari orang yang sedang kita ajak berkomunikasi.

2. Jangan Menggunakan Huruf Besar
Gunakan abjad kapital atau lebih baik gunakan abjad kecil semua. Karena kalau memakai abjad besar semuanya, maka akan terlihat seakan kita sedang marah, membentak dan berteriak. Hal ini biasanya tidak disukai oleh beberapa orang.

3. Jangan Mengirimkan Spam Atau Kalimat Yang Tidak Penting Secara Terus Menerus
Kegiatan SPAM akan sangat mengganggu seseorang, alasannya yaitu yang dikirimkan yaitu sesuatu yang tidak penting dengan jumlah yang banyak. Biasakan menawarkan jeda setiap kali kita mengirimkan informasi atau suatu hal kepada seseorang.

4. Hindari Pertengkaran Atau Perdebatan
Kita chatting untuk mencari teman, bukan untuk mencari lawan. Usahakan bersabar dan jangan gampang terpancing. Lebih baik meninggalkan pembicaraan kalau suasananya sudah tidak baik lagi.

5. Menolak Pembicaraan Yang Tidak Di Inginkan
Jika orang lain mengajak kita berbicara perihal topik yang kita tidak suka (misalnya seks, politik dan sebagainya), tolaklah dengan cara yang halus.

6. Bersabar
Jika kita mendapat kalimat yang kurang baik dari seseorang, sebaiknya kita tidak perlu melayaninya dengan kalimat yang berangasan juga. Lebih baik biarkan dan acuhkan saja, dari pada mengakibatkan masalah.

7. Jaga Rahasia Pribadi
Jangan pernah menawarkan informasi eksklusif menyerupai nomor telepon, alamat rumah dan lainnya kepada orang yang belum kita kenal. Kecuali kalau kita telah yakin dan percaya dengan orang tersebut, bahwa orang yang kita berikan data eksklusif kita tidak akan menggunakannya untuk hal negatif.

8. Jangan Pernah Menggunakan Nama Asli Sebagai Nickname (Nama Panggilan)
Hal ini untuk menghindari dari niat jahat seseorang yang belum kita kenal lebih jauh. Gunakan nama samaran untuk perkenalan.

9. Jangan Pernah Berjanji Untuk Bertemu Seseorang Yang Belum Kita Kenal
Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang se-kota atau di luar kota dengan kita kalau kita belum benar-benar mengenalnya. Karena dalam beberapa kasus, bertemu dengan orang yang tidak dikenal sering kali dijadikan tindakan kriminal atau kejahatan. Seperti perampokan, pemerkosaan, penculikan dan lainnya.

10. Jangan Praktis Percaya Dengan Orang Asing
Kebanyakan orang akan gampang percaya dengan orang yang gres saja dikenal, tanpa mengetahui atau mengenal identitasnya secara benar dan lengkap. Hal ini yang biasanya dijadikan sebagai tindak kriminal yang berujung dengan pertemuan kemudian dilanjutkan dengan tindak kejahatan.

Nah, itulah 10 Etika Berkomunikasi Di Internet (Chatting), Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu semoga semakin luas mengenai internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar