Makalah Administrasi Perkantoran Tentang Humas Dan Keprotokolan - Makalah wacana humas (hubungan masyarakat) dan keprotokolan ini sengaja saya bagikan untuk yang membutuhkan menuntaskan kiprah sekolah atau kuliah. Pengertian keprotokolan, tujuan prokol, tujuan keprotokolan, unsur-unsur keprotokolan, ruang lingkup keprotokolan dan lainnya. Semoga makalah sekolah wacana humas dan keprotokolan sanggup bermanfaat untuk semuanya
MAKALAH ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN
MENGENAI TUJUAN HUMAS
Nama Kelompok:
Wendy Andriyan
SMK NEGERI 1 TANGERANG
ADMINISTRASI PERKANTORAN
JL. Perintis Kemerdekaan II Cikokol
Kode Pos 15177 Telp. (021) 5522534
Email: info@smk1-tng.sch.id
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt, alasannya atas limpahan rahmat dan karunia-Nya lah sehingga kami sanggup menuntaskan Makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN ini sesuai waktunya.
Kami mencoba berusaha menyusun makalah ini sedemikian rupa dengan harapan dapat membantu pembaca dalam memahami materi pelajaran yang merupakan judul dari Makalah kami, yaitu mengenai “Tujuan Humas”. Disamping itu, kami berharap bahwa makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN ini sanggup bermanfaat dan sanggup dijadikan bekal pengetahuan untuk menambah wawasan mengenai isi dari makalah ini.
Kami menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN masih ada kekurangan sehingga kami berharap saran dan kritik dari pembaca sekalian khususnya dari guru mata pelajaran ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN semoga dapat meningkatkan mutu dalam penyajian berikutnya.
Akhir kata kami ucapkan terimakasih.
Tangerang, 04 February 2015
Penulis
Wendy Andriyan
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................. ii
BAB I PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS MENURUT PARA AHLI..............1
B. TUJUAN HUMAS SECARA UMUM…................................................... 2
C. TUJUAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI DUA ARAH.......................... 3
D.TUJUAN HUMAS SEBUAH PERUSAHAN............................................ 4
BAB II PENUTUP
A. KESIMPULAN....................................................................................... 6
BAB I
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS MENURUT PARA AHLI
Tujuan Public Relations Selain menelaah fungsi dan pengertian public relations berdasarkan para ahli, mari simak bermacam-macam tujuan public relations berikut ini.
Menurut Davis, tujuan utama acara public relations ialah untuk memengaruhi perilaku insan secara individu atau kelompok dikala saling berhubungan, dengan melaksanakan obrolan terhadap semua golongan, dikala persepsi, opini, dan sikapnya dianggap penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan.
Sementara itu, Rosady Ruslan beropini bahwa ada 5 tujuan public relations, yaitu:
- Menciptakan gambaran organisasi yang baik dan positif bagi masyarakat dan konsumen.
- Memicu tercapainya perilaku saling mengerti antara masyarakat dan perusahaan.
- Mengembangkan keselarasan fungsi antara pemasaran dan public relation.
- Membangun pengenalan dan pengetahuan wacana merek secara efektif.
- Mendukung bauran pemasaran.
Menurut Jefkins, menuliskan bahwa ada banyak tujuan dari kegiatan public relations dalam sebuah perusahaan, di antaranya: Melalui acara kegiatan perhumasan yang dilakukan perusahaan, diperlukan gambaran umum perusahaan di mata masyarakat berubah.
- Untuk meningkatkan kualitas calon pegawai.
- Untuk mempublikasikan kisah sukses perusahaan pada masyarakat semoga perusahaan memperoleh ratifikasi dari masyarakat.
- Untuk mengenalkan masyarakat kepada perusahaan sehingga terbuka pangsa pasar yang baru.
- Untuk mengondisikan masyarakat bursa saham sesuai planning perusahaan dalam menerbitkan saham gres atau saham tambahan.
- Untuk memperbaiki kekerabatan perusahaan dan masyarakat jikalau telah terjadi insiden yang menyebabkan perusahaan mendapat kesangsian, kecaman, dan timbulnya salah paham terhadap itikad baik perusahaan.
Pada dasarnya, setiap individu ialah humas atau PR bagi dirinya sendiri. Ketika ia terjun ke masyarakat, pembawaan dirinya menjadi gambaran yang selalu menempel dan selalu diingat oleh individu-individu lain. Begitu pula dengan public relations dari sebuah organisasi atau perusahaan yang membawa gambaran atauimage yang tentunya diperlukan baik sehingga masyarakat sanggup percaya dan simpatik pada kualitas perusahaan tersebut.
B. TUJUAN HUMAS SECARA UMUM
a. Tujuan Utama Humas
Tujuan utama Public Relation sendiri ialah menciptakan, mempertahankan dan melindungi reputasi organisasi/ perusahaan, memperluas prestis, menampilkan citra-citra yang mendukung. Riset memperlihatkan bahwa konsumen/pelanggan lebih sering melaksanakan buying decicision atau keputusan pembelian berdasarkan gambaran perusahaan.
C. TUJUAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI DUA ARAH
a. Tujuan yang ingin dicapai dalam pekerjaan kehumasan dalam proses komunikasi dua arah tergolong dua golongan besar yaitu:
- Komunikasi Internal (personil/anggota institusi).
- Memberikan gosip sebanyak dan sejelas mungkin mengenai institusi.
- Menciptakan kesadaran personil mengenai kiprah institusi dalam masyarakat.
- Menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik dari anggotanya.
- Komunikasi Eksternal (masyarakat/ Public).
- Informasi yang benar dan masuk akal mengenai institusi.
- Kesadaran mengenai kiprah institusi dalam tata kehidupan umumnya dan pendidikan khususnya.
- Motivasi untuk memberikan umpan balik.
D. TUJUAN HUMAS SEBUAH PERUSAHAN
Ruang lingkup tujuan humas itu sendiri ternyata demikian luas. Namun dari semua tujuan humas tersebut kita sanggup mengambil beberapa yang sanggup dijadikan prioritas. Dari sekian banyak hal yang sanggup dijadikannya prioritas kegiatan humas sebuah perusahaan, berapa diantaranya yang pokok ialah sebagai berikut:
- Untuk mengubah gambaran umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan- kegiatan gres yang dilakukan oleh perusahaan. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang semula hanya menangani transportasi truk tapi kemudian mulai menjual mesin pemanas ruangan. Guna beradaptasi atas adanya kegiatan yang gres tersebut, maka perusahaan harus mengubah citranya supaya kegiatan dan produk-produk barunya itu mendapat sambutan positif dari khalayaknya.
- Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
- Untuk menyebarluaskan suatu dongeng sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapat pengakuan.
- Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pasar-pasar baru.
- Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas planning perusahaan untuk menerbitkan saham gres atau saham tambahan.
Mengingat jenis dan huruf organisasi itu bermacam-macam, maka tentu saja tujuan bidang humas mereka berbeda-beda/ bervarisi dan tidak terdaftar hanya pada diatas saja. Satu hal yang harus disadari, setiap tujuan dari aneka macam organisasi, baik itu komersial maupun non-komersial, sama-sama memerlukan suatu acara tindakan yang terencana. Setiap tujuan organisasi dalam pengertian luas akan jauh lebih gampang dijangkau apabila perjuangan pencapaiannya juga disertai dengan kegiatan-kegiatan humas, baik itu yang dilakukan oleh unit departemen humas internal maupun oleh forum konsultasi humas eksternal.
BAB II
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan definisi dan pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) dari pendapat para ahli, sanggup kita simpulkan bahwa Humas (Hubungan Masyarakat) adalah suatu perjuangan yang memiliki tujuan untuk membuat perilaku pengertian, saling percaya, perilaku toleransi sesama masyarakat, perilaku kolaborasi dari sekelompok orang, dan juga untuk menghindari kesalahpahaman sekaligus membantu gambaran positif lembaga. Demikianlah yang sanggup kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan, kurangnya rujukan atau rujukan yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini. Penulis banyak berharap kepada para pembaca untuk menawarkan kritik dan saran kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini sanggup bermanfaat bagi penulis dan para pembaca khususnya pada penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar