situs tips dan trik dan berbagai hal tentang dunia internet, penjelasan, cara , pengertian dan juga fungsi.

Jumat, 26 September 2014

Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Dengan Seseorang

Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Dengan Seseorang Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar Dengan Seseorang

Cara berbicara yang baik dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting, karena Berkomunikasi yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari memanglah sangat penting untuk menjalinnya suatu korelasi pertemanan, saudara dan persahabatan.

Dalam berkomunikasi, tentu kita harus sanggup mengucapkan kalimat dengan benar dan tepat, jangan hingga bertele-tele dan alhasil membuat lawan bicara kita menjadi kebingungan atau lainnya. Berbicara yang baik dan sopan di depan umum ialah salah suatu jenis komunikasi yang tepat, Karena berbicara salah satu bentuk menerangkan kualitas diri kita didepan umum.

Terutama cara berbicara yang baik dengan perempuan atau dengan pacar sendiri, kita harus berbicara dengan penuh sopan dan tetap mengutamakan adat berbicara. Meskipun sudah menjadi sahabat baik atau pacar, berbicara menjadi salah satu penentu korelasi itu tetap ada.

Bisa dibilang, berkomunikasi dengan orang lain ialah cara kita memperkenalkan menyerupai apa diri kita dalam menghargai orang lain. Contoh lain misalkan kita harus memikirkan Cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen atau pembeli, supaya mereka sanggup tertarik dengan apa yang kita tawarkan dan menjadi daya tarik tersendiri.


Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar :



1. Bertatapan Dengan Lawan Bicara
Untuk orang yang pemalu, terkadang bertatapan ketika berbicara merupakan hal yang sangat sulit. Sesekali, orang pemalu akan sering menundukan kepala atau menatap sesuatu yang lain selain lawan bicara kita.

Hal itu sangat kurang sopan sebab lawan bicara kita akan mengangap bahwa apa yang disampaikannya kurang menarik sehingga membuat dirinya minder dan kurang percaya diri ketika berbicara dengan orang lain lagi.

Jangan sesekali menundukan kepala disaat sedang terjadinya komunikasi, jangan berpaling wajah atau hal lainnya. Karena mungkin lawan bicara kita akan menganggap apakah verbal ia bau, kita dianggap tidak menghargainya dan sebagainya, sehingga menyebabkan sebuah konflik dihati dan pikiran lawan bicara kita yang menghasilkan anggapan bahwa kita "Sombong".

2. Memperhatikan Lawan Bicara
Ketika ada orang lain sedang berbicara namun tidak kita perhatikan, tentu hal itu akan membuatnya kesal. Entah kita sedang berbicara dengan sahabat atau dengan guru ataupun dosen, orang yang tidak diperhatikan ketika berbicara akan sangat kecewa dan kesal.

Tapi ketika kita memperhatikan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita, itu akan membuatnya merasa dihargai dan menganggap bahwa kita ialah salah satu orang yang penting dan baik sebab sudah mau mendengarkan apa yang dibicarakan lawan bicara kita.

3. Rileks
Ketika berbicara, ada beberapa orang yang tidak beraturan ketika memberikan sesuatu. Hal tersebut akan membuat lawan bicara kita menjadi kebingungan dan sedikit kesal sebab kita tidak berbicara dengan benar.

Berbicaralah perlahan, tarik nafas sebelum berbicara dan komunikasikan dengan santai tanpa adanya beban sehingga membuat komunikasi yang baik.

4. Mengurangi Perkataan Kasar Dengan Lawan Bicara
Semua hal yang kita lakukan selalu mempunyai etika, salah satunya ialah adat berbicara dan berkomunikasi. Sering kali kita sedang berkumpul dengan sahabat bersahabat dan sebab kita merasa sudah bersahabat sekali dengan sahabat kita, kita menjadi seenaknya berkata kasar.

Padahal, perkataan berangasan tidak di perbolehkan sekalipun memang sahabat sendiri. Karena kita tidak pernah tau apakah lawan bicara kita akan sakit hati dengan kita. Berawal dari sakit hati, sanggup menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Jadi, berpikir sedikit sebelum berbicara.

5. Mengganti Topik Pembicaraan
Mengganti topik pembicaraan dalam berkomunikasi sangatlah penting, hal ini dilakukan untuk mencairkan suasana dalam berkomunikasi. Misalkan dalam berbicara dengan lawan jenis, kita mempunyai sedikit pendapat yang berlawanan sehingga membuat kondisi yang canggung. Nah, jikalau menyerupai itu kita harus cerdik mencari topik pembicaraan supaya tidak semakin memburuk nantinya.

Mengganti topik pembicaraan juga sanggup mengatasi rasa bosan ketika berkomunikasi supaya kita mendapat suasana komunikasi yang baik. Kan ga lucu dong kalo kita masih mau ngobrol sama seseorang tapi kehabisan topik pembicaraan? usahakan topik apapun yang menarik, dibahas saja.

6. Jangan Memotong Pembicaraan Lawan Bicara
Salah satu prilaku yang tidak sopan dalam berkomunikasi yaitu memotong pembicaraan orang lain. Pasti akan sangat mengganggu jikalau kita sendiri sedang berbicara tetapi ada orang yang memotong pembicaraan kita.

Terlebih lagi jikalau hal yang ingin disampaikan ialah hal penting, memotong pembicaraan orang lain akan membuat orang tersebut menjadi lupa apa yang ingin disampaikan dan juga tidak menghargai apa yang sedang dibicarakan.

7. Ramah
Siapapun orangnya, sebisa mungkin kita harus berbicara ramah. Kenal atau tidak, suka atau tidak, Ramah ialah salah satu perilaku yang mencerminkan diri kita. Apakah diri kita baik atau jelek itu tergantung dari perilaku kita.

8. Langsung Ke Intinya (To the Point)
Biasanya hal yang paling malas dalam berkomunikasi ialah adanya penyampaian yang bertele-tele atau berbicara dengan arah yang memutar-mutar tidak jelas. Sebisa mungkin sampaikan apa yang ingin disampaikan eksklusif dengan point-point yang penting dan sedikit klarifikasi yang bekerjasama dengan point-point tersebut.

9. Pikirkan Sebelum Berbicara
Berbicara sanggup menjadi kasatmata dan juga sanggup menjadi negatif, tergantung dari sudut pandang mana orang lain menilainya. Selain dari sudut pandang, sebuah kalimat yang kita keluarkan akan sangat mensugesti menyerupai apa diri kita.

Jika kita berbicara tanpa berpikir, terkadang ada banyak hal negatif yang akan bermunculan. Seperti misalkan menjelelekan orang lain,terlalu banyak bicara atau berkata kasar.

Nah, kata-kata yang kita ucapkan itu akan membentuk kepribadian kita, siapa kita dan bagaimana orang lain menilai kita.

10. Mengakhiri Bicara Dengan Baik
Jika telah selesai berbicara, mustahil kita eksklusif mengakhirinya begitu saja dan pergi. Cara terbaik untuk mengakhiri pembicaraan ialah dengan cara bersalaman, mengucapkan salam atau berpamitan jikalau ingin pergi.

Karena setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda, maka dari itu cara berkomunikasinya mungkin akan berbeda juga. Bagaimanapun cara berkomunikasinya, kita harus tetap menghargainya dengan cara memperhatikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar